Gadget

Asus ROG Zephyrus G16 dan TUF Gaming A14, Ini Harga Lengkap di Indonesia

ROG Zephyrus G16
Harga lengkap ROG Zephyrus G16 dan TUF Gaming A14. (screenshot @rog.asus.com)

PasundanEkspres - Akhirnya, laptop gaming terbaru dari Asus telah resmi dirilis di Indonesia. Berikut adalah harga Asus ROG Zephyrus G16 dan TUF Gaming A14.

"Asus TUF Gaming A14 dibanderol mulai dari Rp 22.999.000. Sementara, ROG Zephyrus G16 memiliki harga Rp 41.999.000," ungkap Kepala Pemasaran Asus Indonesia, Davina Larissa, dalam acara peluncuran produk baru di Lavva, Plaza Senayan, Jakarta, pada Kamis (22/8/2024).

Pada kesempatan tersebut, Manajer Produk Gaming Asus Indonesia, Darien Theodric, memaparkan spesifikasi kedua laptop tersebut. Pertama, ia menjelaskan bahwa Asus TUF Gaming A14 ditujukan untuk berbagai profesi, termasuk konten kreator, pelajar, pebisnis, dan profesional lainnya.

Darien menjelaskan bahwa edisi terbaru ini hadir dengan warna jaeger gray. Ia juga menyebutkan bahwa ukuran laptop ini telah diperkecil, sehingga lebih slim dan compact.

"Dengan ketipisan hanya 1,7 cm dan bobot hanya 1,46 kg, laptop ini tidak hanya tangguh tetapi juga mudah dibawa ke mana pun," ujar Darien.

Pada bagian keyboard, laptop ini dirancang agar nyaman untuk gaming. Darien mencontohkan bahwa laptop ini memiliki daya tahan 20 juta kali penekanan tombol, jarak perjalanan 1,7 mm, touchpad yang besar, serta tombol Copilot.

Untuk prosesor, Asus berkolaborasi dengan AMD untuk menghadirkan AMD Ryzen dengan kode CPU AI 9 HX 370. Prosesor ini diklaim memiliki performa yang unggul untuk menjalankan berbagai aplikasi.

Sebagai laptop multifungsi, Asus TUF Gaming A14 disebut sebagai PC AI generasi berikutnya. Hal ini disebabkan oleh kombinasi antara CPU, GPU, dan NPU yang memungkinkan akses ke berbagai aplikasi AI, termasuk aplikasi yang disediakan oleh Nvidia.

“Tidak bisa disebut sebagai konten kreator jika tidak disediakan layar yang mumpuni. Kami telah menyematkan layar dengan resolusi 2.5K, refresh rate 165Hz, response time 3 ms, dan aspek rasio 3:10,” ungkap Darien.

“Untuk GPU, kami hadirkan dalam dua versi, yaitu RTX 4060 dan RTX 4050,” tambahnya.

Sementara itu, ROG Zephyrus G16 diklaim mampu digunakan dalam berbagai situasi. Darien menjelaskan bahwa laptop ini dapat dimanfaatkan untuk programming, gaming, editing, dan creating berkat ketangguhan dan kecanggihannya.

Ia menambahkan bahwa laptop ini tersedia dalam dua varian warna, yaitu eclipse grey dengan CPU Intel core ultra dan platinum white yang dianggap agak langka.

“Untuk GPU G16, tetap menggunakan TGP yang sama seperti seri sebelumnya. Anda akan menemukan dua spesifikasi, yaitu RTX 4070 dan RTX 4060,” ungkap Darien.

Pada bagian panel, Asus menyematkan panel eksklusif dengan sertifikasi ROG Nebula tipe OLED. Layarnya juga memiliki resolusi 2.5K dengan refresh rate 240Hz.

Untuk mendukung kenyamanan bermain game, Asus tetap menyematkan Tri-Fan Technology. Teknologi ini berfungsi untuk mengeluarkan panas secara efisien melalui sistem pendinginan yang canggih.

"Secara keseluruhan, desainnya tetap minimalis, simpel namun powerful dengan beberapa peningkatan spesifik, seperti Microsoft Copilot, prosesor AMD Strix Point 12C, wifi 7, dan SD express 7.0 card reader," tutup Darien.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua