Gadget

Acer Perkenalkan Project DualPlay, Konsep Laptop Gaming Bongkar Pasang

Acer Project DualPlay
Acer pamerkan Project DualPlay laptop gaming bongkar pasang.(screenshot @acer.com)

PasundanEkspres - Acer menghadirkan sejumlah produk baru pada ajang IFA 2024 di Berlin, Jerman, dengan salah satu yang paling menarik perhatian adalah Project DualPlay. Sayangnya, perangkat inovatif ini masih dalam tahap konsep dan kemungkinan tidak akan dirilis untuk umum.

Sekilas, Project DualPlay tampak seperti laptop gaming Acer Predator pada umumnya. Namun, touchpad-nya dapat dilepas dan diubah menjadi controller nirkabel yang dapat dibongkar pasang.

Controller ini dapat dilepaskan dari tempatnya dengan menekan tombol di atas keyboard menggunakan dua jari. Setelah tombol ditekan, controller akan muncul, diikuti oleh dua speaker 5W yang keluar dari sisi kiri dan kanan laptop.

Desain controller Project DualPlay menyerupai konsol gaming handheld, tetapi tanpa layar di tengahnya. Di sisi kanan dan kiri terdapat berbagai tombol dan navigasi, seperti D-pad, dua analog controller, face buttons, serta berbagai tombol pintasan lainnya.

Keunikan lain dari perangkat ini adalah joystick di sisi kanan dan kiri controller juga dapat dilepas pasang, sehingga memungkinkan dua orang bermain game secara bersamaan, mirip dengan konsep Joy-Con pada Nintendo Switch. Setelah selesai digunakan, controller dapat dipasang kembali ke tempatnya, dan bagian belakangnya akan berfungsi sebagai touchpad.

Tidak hanya mengandalkan desain dan mekanisme yang inovatif, Project DualPlay juga dilengkapi pencahayaan RGB dinamis 360 derajat pada keyboard, bezel layar, dan area trackpad. Pencahayaan ini dapat disesuaikan sesuai preferensi pengguna untuk menciptakan tampilan visual yang lebih menarik.

Sayangnya, hingga saat ini Project DualPlay masih berstatus konsep dan mungkin tidak akan diproduksi secara massal. COO Acer, Jerry Kao, menyamakan Project DualPlay dengan mobil konsep yang mungkin baru akan terwujud dalam 5-10 tahun mendatang, atau bahkan bisa saja dibatalkan.

"Kami ingin menguji tanggapan pasar. Apakah orang-orang menyukai konsep ini, atau mereka lebih memilih membawa perangkat lain," ujar Kao dalam wawancara setelah konferensi pers next@acer di IFA 2024.

"Yang bisa saya sampaikan saat ini, kami belum memiliki rencana untuk meluncurkan (Project DualPlay) ke pasar, kecuali kami menerima umpan balik yang sangat positif dari apa yang kami umumkan hari ini," tambahnya.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua