Gadget

Xiaomi 14 Series Debut di Indonesia?

Xiaomi 14 Series
Pasca resmi rilis di MWC 2024 Xiaomi berencana kenalkan Xiaomi 14 Series di Indonesia. Foto: screenshot @mi.com

PASUNDAN EKSPRES - Pasca peluncurannya pada Mobile World Congress (MWC) 2024 di Barcelona, Xiaomi berencana untuk memperkenalkan Xiaomi 14 Series di pasar Indonesia.

Perhelatan tahunan di kota Barcelona, Spanyol tersebut menandai peluncuran perdana Xiaomi 14 dan Xiaomi 14 Ultra di pasar internasional, setelah sebelumnya hanya tersedia di pasar domestik China.

Mirip dengan seri-seri sebelumnya, Xiaomi kembali berkolaborasi dengan perusahaan pembuat kamera ternama dari Jerman, Leica, untuk seri Xiaomi 14. Kerjasama ini tentunya menambah nilai lebih bagi konsumen, terutama bagi para enthusiast fotografi.

Mengenai kedatangan seri Xiaomi 14 di Indonesia, Director of Marketing Communications Xiaomi Indonesia, Stephanie Sicilia, memberikan komentar.

"Kami benar-benar bersemangat untuk menghadirkan seri unggulan kami di tahun 2024. Saat ini kami masih belum bisa memberikan informasi detail mengenai peluncuran seri Xiaomi 14 di Indonesia," kata Stephanie.

Beliau menambahkan bahwa Xiaomi Indonesia akan segera memberitahu jika terdapat update terkini terkait seri Xiaomi 14 kepada media.

"Apabila terdapat kabar terbaru, kami akan langsung mengumumkannya melalui media sosial resmi Xiaomi Indonesia," tambahnya.

Xiaomi menyatakan komitmennya untuk terus memajukan standar industri dengan inovasi di setiap lini produknya. Dengan seri Xiaomi 14, mereka berupaya merepresentasikan puncak dari sinergi antara kedua entitas, mengintegrasikan teknologi optik Leica Summilux.

Integrasi ini diklaim menyajikan sebuah pendekatan baru dalam desain optik dan produk yang sangat inovatif. Ini diharapkan akan memperkuat posisi Xiaomi sebagai pemimpin dunia dalam inovasi fotografi mobile.

Xiaomi 14 dan Xiaomi 14 Ultra

Jika di pasar Tiongkok Xiaomi menghadirkan tiga varian dari seri Xiaomi 14, untuk pasar internasional hanya dua varian yang ditawarkan. Xiaomi, yang didirikan oleh Lei Jun, memperkenalkan Xiaomi 14 dan Xiaomi 14 Ultra saja.

Kedua model tersebut diperkuat oleh chip Snapdragon 8 Gen 3 yang menawarkan peningkatan performa CPU sebesar 32% dan pengurangan konsumsi energi sebesar 34%. Selain itu, terdapat peningkatan performa GPU hingga 34% dengan pengurangan konsumsi energi hingga 38%, jika dibandingkan dengan chip generasi sebelumnya.

Dengan sistem pendingin Xiaomi IceLoop, kedua perangkat ini menjanjikan pengalaman penggunaan yang sangat lancar dalam berbagai situasi, termasuk saat merekam video, fotografi komputasional, AI secara real-time, dan bermain game yang membutuhkan performa tinggi.

Khusus untuk Xiaomi 14 Ultra, sistem pendingin Xiaomi Dual-Channel IceLoop yang baru menambahkan saluran termal kedua yang secara eksklusif diperuntukkan bagi modul kamera, untuk pengalaman fotografi dan videografi yang lebih mulus.

Seri Xiaomi 14 juga dilengkapi dengan Qualcomm FastConnect 7800, yang menawarkan Wi-Fi 6E dengan bandwidth yang mengesankan sebesar 320MHz.

Dari segi baterai dan pengisian, Xiaomi 14 dan Xiaomi 14 Ultra kedua-duanya dilengkapi dengan sistem manajemen baterai Xiaomi Surge, yang menjamin durabilitas pemakaian yang lebih lama.

Xiaomi 14 dibekali dengan baterai 4.610mAh yang didukung oleh HyperCharge 90W dan pengisian nirkabel HyperCharge 50W. Sementara Xiaomi 14 Ultra memiliki baterai yang lebih besar, 5.000mAh, dengan HyperCharge 90W dan teknologi pengisian nirkabel HyperCharge 80W yang lebih baru.

Mengenai layar, Xiaomi 14 menampilkan layar AMOLED CrystalRes 1,5K 6,36 inci (2670 x 1200). Dengan refresh rate 1-120Hz, densitas piksel 460 ppi, dan kecerahan maksimal 3.000 nits.

Sementara itu, Xiaomi 14 Ultra memiliki layar AMOLED C8 6,73 inci dengan resolusi WQHD+ (3200 x 1440), densitas piksel 522 ppi, refresh rate variabel dari 1 hingga 120Hz, dan kecerahan maksimum 3000 nits.

Xiaomi 14 menawarkan susunan triple camera yang lengkap, memberikan pengalaman fotografi yang komprehensif, meliputi jangkauan panjang fokus dari 14mm hingga 75mm. Xiaomi 14 dilengkapi dengan lensa Leica Summilux dengan aperture ƒ/1.6 yang lebih baik pada kamera utama, dikombinasikan dengan sensor gambar Light Fusion 900 dan meningkatkan rentang dinamis hingga 13,5 EV.

Selain itu, resolusi kamera ultra-wide Leica 14mm telah ditingkatkan menjadi 50MP sementara juga menyediakan lensa telefoto Leica 75mm yang mengambang dengan kualitas teruji, memiliki jarak fokus minimum hanya 10cm.

Xiaomi 14 Ultra juga hadir dengan susunan quad-camera profesional dengan jangkauan panjang fokus yang mengagumkan, dari 12mm hingga 120mm. Kamera utama memiliki aperture ƒ/1.63-ƒ/4.0, menawarkan penyesuaian eksposur yang fleksibel dalam beragam kondisi.

Di MWC 2024 Barcelona, Xiaomi memperkenalkan ekosistem terbarunya yang terintegrasi dengan "Human x Car x Home". Selain Xiaomi 14 Series, mereka juga meluncurkan Watch 2, Watch S3, Pad 6S Pro, dan inovasi lain seperti robot anjing CyberDog 2 dan mobil listrik Xiaomi SU7.

Berita Terkait