Gadget

Samsung Galaxy Watch FE Diluncurkan, Harganya Menggiurkan Banget

Galaxy Watch FE
Galaxy Watch FE resmi diluncurkan. (screenshot @news.samsung.com)

PasundanEkspres - Samsung akhirnya resmi memperkenalkan Galaxy Watch FE setelah lama menjadi perbincangan. Jam tangan pintar terbaru dari Samsung ini merupakan varian entry-level yang memiliki harga lebih terjangkau dibandingkan dengan model flagship Galaxy Watch.

Galaxy Watch FE tersedia dalam satu ukuran saja, yaitu 40mm. Layarnya menggunakan panel sentuh AMOLED berukuran 1,2 inci dengan perlindungan Sapphire Crystal Glass yang menjaga layar dari goresan saat penggunaan sehari-hari.

Jam tangan pintar ini didukung oleh chipset Exynos W920, sama seperti yang digunakan pada Galaxy Watch 5, dilengkapi dengan RAM 1,5GB dan memori internal 16GB. Kapasitas baterainya adalah 247 mAh, meskipun Samsung belum mengungkapkan apakah perangkat ini mendukung pengisian daya cepat atau tidak.

Meskipun harganya lebih rendah, Samsung tetap menyertakan berbagai fitur menarik pada Galaxy Watch FE. Jam tangan pintar ini memiliki sensor BioActive, pemantauan tidur, sleep coaching, HR Alert untuk mendeteksi detak jantung tinggi dan rendah, serta Irregular Health Rhythm Notification untuk memantau ritme jantung yang berpotensi menjadi gejala atrial fibrillation.

Selain itu, pengguna Galaxy Watch FE juga bisa memantau tekanan darah dan EKG. Sayangnya, sensor suhu tubuh yang diperkenalkan di Galaxy Watch 6 tidak tersedia pada model ini.

Dalam hal fitur olahraga, Galaxy Watch FE dilengkapi dengan pelacak untuk 100 jenis olahraga, analisis lari, dan Personalized Heart Rate Zone. Jam tangan ini juga mendukung fitur Body Composition.

Fitur pintar lainnya termasuk Find My Phone untuk mencari ponsel yang hilang, Camera Controller untuk mengontrol kamera dari jarak jauh, dan dukungan Samsung Wallet. Galaxy Watch FE juga tahan air dengan rating 5ATM dan IP68.

Samsung Galaxy Watch FE hadir dalam pilihan warna Black, Pink Gold, dan Silver dengan tali jam baru yang menggunakan mekanisme one-click dan dihiasi aksen biru dan oranye. Jam tangan pintar ini menjalankan One UI 5 Watch berbasis Wear OS 4.

Samsung Galaxy Watch FE akan tersedia secara global pada musim panas ini. Di Amerika Serikat, perangkat ini akan mulai dijual pada 24 Juni, namun tanggal peluncurannya di Indonesia masih belum diumumkan.

Samsung membanderol Galaxy Watch FE versi Bluetooth dengan harga USD 199 atau sekitar Rp 3,2 jutaan. Sementara, varian LTE-nya dijual dengan harga USD 249 atau sekitar Rp 4 jutaan.

Berita Terkait