Gadget

Google Luncurkan Gemini Live, Asisten Virtual Canggih Penantang ChatGPT

Gemini Live
Berbarengan dengan peluncuran Pixel 9 Series Google juga luncurkan Gemini Live. (screenshot @blog.google)

PasundanEkspresBersamaan dengan peluncuran Pixel 9, Google juga memperkenalkan Gemini Live, sebuah asisten virtual yang didesain untuk menyaingi Advanced Voice Mode pada ChatGPT yang baru-baru ini diluncurkan. Gemini Live memiliki kemampuan luar biasa yang memungkinkan interaksi layaknya berbicara dengan seseorang secara langsung.

Gemini Live adalah asisten virtual yang didukung oleh model bahasa besar bernama Gemini. Asisten ini mampu melakukan percakapan yang lebih alami dan mendalam serta memiliki pemahaman konteks yang lebih baik. Selain sekadar menjawab pertanyaan, Gemini Live juga bisa membantu pengguna dalam berbagai aktivitas.

Keunggulan Gemini Live terletak pada mesin ucapan yang telah ditingkatkan, yang menurut klaim Google, mampu memberikan dialog multi-turn yang lebih konsisten, ekspresif secara emosional, dan realistis.

"Ini seperti memiliki teman seperjuangan di dalam saku yang bisa diajak berdiskusi tentang ide-ide baru atau latihan untuk percakapan penting," ujar Sissie Hsiao, Vice President and General Manager, Gemini experiences and Google Assistant.

Sissie juga menjelaskan bahwa pengguna dapat menyela di tengah percakapan, dan Gemini Live akan tetap mengerti konteksnya. Pengguna juga bisa memilih dari 10 suara yang berbeda untuk memperkaya pengalaman percakapan mereka.

Gemini Live dapat digunakan tanpa perlu memegang perangkat jika diinginkan. Pengguna bisa terus berbicara dengan aplikasi Gemini meski aplikasi berjalan di latar belakang atau saat ponsel terkunci. Percakapan juga dapat dihentikan sementara dan dilanjutkan kapan saja.

Namun, saat peluncurannya, Gemini Live belum memiliki fitur input multimodal yang sempat diperlihatkan Google di acara I/O. Saat itu, Google menunjukkan video pra-rekaman yang memperlihatkan Gemini Live dapat melihat dan merespons lingkungan pengguna melalui foto dan rekaman yang diambil dengan kamera ponsel mereka, misalnya memberi nama pada bagian sepeda yang rusak atau menjelaskan fungsi kode yang muncul di layar komputer.

Seperti Advanced Voice Mode, Gemini Live bukan fitur gratis. Fitur ini eksklusif untuk pengguna Gemini Advanced dengan biaya berlangganan Rp 309 ribu per bulan.

"Gemini Live mulai diluncurkan hari ini dalam bahasa Inggris untuk pelanggan Gemini Advanced di ponsel Android, dan dalam beberapa minggu mendatang akan tersedia untuk iOS dan mendukung lebih banyak bahasa," tutup Sissie.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua