Gadget

Asus ROG NUC, Desktop Gaming Mini Dengan Desain yang Keren!

Asus ROG NUC
Asus ROG NUC PC gaming mini dengan performa yang maksimal. (screenshot ROG NUC @rog.asus.com

PASUNDAN EKSPRES - Asus telah menjadi penyelamat bagi brand NUC yang sebelumnya tidak lagi dikembangkan oleh Intel. Baru-baru ini, mereka meluncurkan ROG NUC, sebuah PC barebone gaming dalam bentuk mini yang menarik perhatian.

Di Amerika Serikat, tersedia dua varian ROG NUC dengan harga yang bervariasi, yakni USD 1.629 dan USD 2.199. Varian termurah dilengkapi dengan Intel Core Ultra 7 155H, Nvidia RTX 4060, RAM DDR5 16GB, dan SSD NVMe 512GB. Sementara varian yang lebih mahal dilengkapi dengan Core Ultra 9 185H, RTX 4070, RAM/SSD 32GB/1TB.

Menariknya, spesifikasi dan dimensi perangkat ini tidak hanya menawarkan kinerja tinggi tetapi juga ukuran yang kecil. Namun, harganya cukup tinggi. Sebagai perbandingan, laptop gaming terbaik Asus, Zephyrus G14 (atau G16), dengan spesifikasi serupa dijual dengan harga yang lebih terjangkau, dengan keunggulan baterai dan layar yang lebih besar.

Meskipun demikian, ROG NUC memiliki keunggulan tersendiri, terutama dalam hal konektivitas yang sangat lengkap. Terdapat enam port USB-A (empat di antaranya 10Gbps), pembaca kartu SD Express 8.0, sebuah Thunderbolt 4 dengan fast charging 12V (USB-C PD), port audio 3,5mm, dan Ethernet 2,5Gbps. Selain itu, terdapat dua port DisplayPort 1.4a dan satu port HDMI 2.1, lengkap dengan koneksi wireless berbasis Intel Killer WiFi 6E AX1690i dan Bluetooth 5.3.

Perangkat ini juga memiliki kemampuan untuk penambahan RAM dan penyimpanan. Terdapat tombol geser di bagian belakang perangkat untuk membuka panel yang menyimpan RAM dan SSD, dengan tiga slot SSD M.2 2280 PCIe Gen4x4 yang tersedia untuk ekspansi penyimpanan yang lebih besar dan mudah.

Meskipun belum ada informasi pasti mengenai kapan ROG NUC akan tersedia di pasaran, kemungkinan akan mengikuti jadwal perilisan NUC non-ROG baru mereka, NUC 14 Pro Plus, yang dijadwalkan akan diluncurkan pada bulan April atau Mei mendatang.

Berita Terkait