Gadget

Razer Kishi Ultra, Gamepad Universal untuk Semua Perangkat!

Razer Kishi Ultra
Razer Kishi Ultra gamepad gaming untuk semua perangkat. (screenshot Kishi Ultra @razer.com)

PasundanEkspres - Razer telah mengeluarkan produk terbaru mereka yang diberi nama Kishi Ultra, sebuah gamepad yang menghadirkan fleksibilitas universal untuk berbagai perangkat, berbeda dengan pendahulunya, Kishi generasi sebelumnya.

Perbedaan yang signifikan adalah dukungan Kishi Ultra untuk berbagai perangkat, dimungkinkan karena kini iPad dan iPhone (15 ke atas) sudah beralih ke port USB-C dari sebelumnya Lightning. Selain itu, ukuran layar yang didukung juga lebih besar, mencakup layar hingga 8 inci.

Razer menyatakan bahwa Kishi Ultra kompatibel dengan iPhone 15 series, Galaxy S23 series, Pixel 6, Razer Edge, dan banyak perangkat Android lainnya. Selain itu, iPad Mini dan tablet Android dengan layar 8 inci juga dapat menggunakan Kishi Ultra.

Selain dapat terhubung ke PC melalui kabel USB-C dan berfungsi sebagai gamepad konvensional, Kishi Ultra juga memiliki sepasang lampu Chroma RGB yang tertanam di bawah joystick, seperti yang dilaporkan oleh PasundanEkspres dari The Verge, Minggu.

Keunggulan lain dari Kishi Ultra adalah kehadiran Razer Sensa HD, sebuah sistem haptic yang dapat mengubah audio dari game, film, atau musik menjadi getaran yang dirasakan. Teknologi haptic ini sebelumnya diperkenalkan oleh Razer dalam Project Esther, sebuah kursi gaming yang dipamerkan di ajang CES 2024. Kishi Ultra menjadi produk komersial pertama yang mengadopsi Sensa haptic.

Namun, sayangnya, Sensa haptic hanya dapat digunakan di perangkat dengan Android 12 ke atas serta Windows 11, dan tidak didukung di platform iOS.

Penggunaan Kishi Ultra memerlukan aplikasi Razer Nexus yang harus diinstal, tersedia baik di Android maupun iOS. Dari aplikasi ini, pengguna dapat membuka game mobile dan terhubung dengan layanan seperti Apple Arcade, Xbox Game Pass, dan Play Store.

Selain Kishi Ultra, Razer juga merilis varian yang lebih terjangkau, yaitu Kishi V2, dengan port USB-C yang mendukung iPhone 15 dan perangkat Android, serta dapat berfungsi dalam mode kabel untuk PC dan iPad.

Kishi Ultra dan Kishi V2 USB-C sudah tersedia dengan harga masing-masing USD 150 dan USD 99.

Berita Terkait