Gadget

iPad Pro 2024 Ditenagai oleh Chip Terbaru Apple M4, Inovasi dan Kinerja Unggulan

Apple M4
iPad Pro 2024 sudah pakai chip terbaru yakni Apple M4. (screenshot @apple.com)

PasundanEkspres - Pada Selasa malam (7/5/2024), pengumuman iPad Pro 2024 mengungkap kehadiran chip terbaru dari Apple, M4. Bagaimana chip ini memberikan peningkatan kinerja dan apa yang membuatnya begitu istimewa dibandingkan dengan pendahulunya?

Evolusi dari Chip Sebelumnya

M4 merupakan kelanjutan dari M3 yang diperkenalkan pada Oktober 2023. Sebagai penerus yang jelas, Apple telah meningkatkan kemampuan chip tersebut, terutama dalam pemrosesan kecerdasan buatan (AI).

Menurut Johny Srouji, Wakil Presiden Senior Teknologi Perangkat Keras Apple, "Kinerja hemat daya M4, bersama dengan mesin tampilan barunya, memungkinkan desain tipis dan inovatif pada iPad Pro, sambil memberikan peningkatan signifikan pada CPU, GPU, Neural Engine, dan sistem memori, menjadikan M4 ideal untuk aplikasi terkini yang memanfaatkan kecerdasan buatan."

Spesifikasi Unggulan Apple M4

Dibangun dengan teknologi proses 3nm generasi kedua, Apple mengklaim peningkatan kinerja sebesar 50% dari chip M2 sebelumnya.

Chip M4 memiliki CPU dengan hingga 10 inti, terdiri dari 4 inti performa dan 6 inti efisiensi. Kinerja CPU ini diklaim 1,5x lebih cepat dari M2 yang ada di iPad Pro sebelumnya.

Ini terbukti dalam situasi penggunaan yang berat seperti pengeditan musik di Logic Pro atau pengolahan video 4K di LumaFusion.

GPU 10-core pada chip ini, yang didasarkan pada arsitektur grafis generasi berikutnya dari keluarga chip M3, telah ditingkatkan dengan Dynamic Caching. Fitur ini secara dinamis mengelola alokasi memori lokal, meningkatkan pemanfaatan rata-rata GPU secara real-time, serta meningkatkan kinerja secara signifikan untuk aplikasi dan game yang menuntut.

Apple juga telah menyertakan fitur baru seperti hardware-accelerated mesh shading dan ray tracing, yang pertama kali hadir di iPad.

Dengan bandwidth memori terpadu yang lebih tinggi, aplikasi rendering profesional akan mendapatkan peningkatan kinerja hingga 4x lebih cepat dari M2, menurut perusahaan.

M4 menawarkan kinerja yang sama dengan M2 dengan hanya setengah daya yang digunakan. Dibandingkan dengan chip PC terbaru di laptop tipis dan ringan, M4 mampu memberikan kinerja yang setara dengan hanya seperempat daya yang digunakan.

Neural Engine pada M4 dapat melakukan 38 triliun operasi per detik, 60x lebih cepat dibandingkan dengan Neural Engine pertama di A11 Bionic. Kombinasi akselerator ML generasi terbaru di CPU, GPU berperforma tinggi, dan memori terpadu dengan bandwidth lebih tinggi menjadikan M4 sebagai chip yang sangat kuat untuk kecerdasan buatan.

Selain itu, chip baru Apple ini juga membawa Media Engine baru, yang mendukung codec video terpopuler seperti H.264, HEVC, dan ProRes, serta menyediakan akselerasi perangkat keras untuk AV1 ke iPad untuk pertama kalinya, meningkatkan pengalaman pemutaran video resolusi tinggi yang hemat daya dari layanan streaming.

Meskipun saat ini M4 hanya tersedia di iPad Pro 2024, Apple berencana untuk mengintegrasikan chip ini ke dalam MacBook yang akan diluncurkan akhir tahun ini.

Berita Terkait