Gadget

Rumor iPhone SE 4 Gunakan Chip A18, Bakal Dukung Apple Intelligence?

iPhone SE 4
iPhone SE 4 dikabarkan bakal pakai chip A18. (screenshot @9to5mac)

PasundaEkspres - Informasi terbaru tentang spesifikasi iPhone SE 4 kembali muncul. Smartphone ini diperkirakan akan membawa banyak peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya.

Informasi ini berasal dari tipster Ice Universe yang sebelumnya telah membagikan informasi akurat mengenai iPhone baru. Dalam postingannya di Weibo, Ice Universe menyebutkan bahwa iPhone SE 4 akan mengadopsi desain iPhone 14, bukan iPhone 16 seperti yang baru dirumorkan.

Dengan mengikuti desain iPhone 14, iPhone SE 4 akan kehilangan bezel tebal dan tombol Home/Touch ID. Sebagai gantinya, iPhone SE 4 akan dilengkapi dengan Face ID dan notch yang lebih modern, meskipun bukan Dynamic Island.

Layar iPhone SE generasi keempat akan diperbesar menjadi 6,06 inci. Layar ini akan menggunakan panel OLED dengan refresh rate 60Hz, seperti dikutip dari 9to5Mac, Rabu (24/7/2024).

Menariknya, iPhone SE 4 akan dilengkapi dengan chip A18, sama seperti yang digunakan pada iPhone 16 dan iPhone 16 Plus. Chip ini akan disertai dengan RAM sebesar 6GB atau 8GB. Jika rumor ini benar, performa iPhone SE 4 akan mendapatkan peningkatan signifikan dari chip A15 Bionic yang digunakan pada iPhone SE 3.

Berkat chip A18, iPhone 16 dan iPhone 16 Plus diperkirakan akan mendapatkan fitur Apple Intelligence yang saat ini hanya tersedia di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Jika iPhone SE 4 juga menggunakan chip A18, maka tidak menutup kemungkinan smartphone entry-level ini juga akan mendapatkan beberapa fitur Apple Intelligence.

iPhone SE 4 juga dirumorkan akan mengusung kamera belakang 48 MP, meningkat dari 12 MP di generasi sebelumnya. Ponsel ini juga akan menggunakan bodi aluminium dan port USB-C seperti varian iPhone modern lainnya. iPhone SE 4 kabarnya akan diluncurkan pada musim semi tahun 2025.

Ice Universe mengklaim iPhone SE 4 akan dijual di kisaran harga USD 499 - USD 549. Jika rumor ini benar, maka harga iPhone SE 4 akan mengalami kenaikan dibandingkan model sebelumnya.

Sebagai informasi, iPhone SE 3 saat ini dijual dengan harga mulai dari USD 429 untuk varian 64GB. Mungkin Apple akan menaikkan varian storage minimum iPhone SE 4 menjadi 128GB untuk membenarkan kenaikan harga ini. Di sisi lain, Apple mungkin merasa bahwa peningkatan lainnya sudah cukup menjadi alasan untuk menaikkan harga iPhone SE 4.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua