Internasional

Hotel 18 Lantai di Incheon Korea Kebakaran, 42 Orang Terluka

Hotel 18 Lantai di Incheon Korea Kebakaran, 42 Orang Terluka
Hotel 18 Lantai di Incheon Korea Kebakaran, 42 Orang Terluka (dok.chosun.com)

PASUNDAN EKSPRES - Kebakaran besar terjadi di sebuah hotel 18 lantai di Incheon, Korea Selatan yang menyebabkan 42 orang luka sedang dan ringan.

Dilansir dari chosun.com, menurut Departemen Pemadam Kebakaran Incheon pada (17/12), kebakaran terjadi di sebuah hotel dengan 3 lantai bawah tanah dan 18 lantai di atas tanah di Nonhyeon Dong, Namdong Gu, Incheon sekitar pukul 9 malam waktu setempat.

Pemadam kebakaran mengeluarkan respons tingkat 2 sekitar pukul 21:18 KST dan mulai memadamkan api.

Respons tahap kedua adalah kewaspadaan yang mengerahkan tenaga dan peralatan dari 5 hingga 6 stasiun pemadam kebakaran yang berdekatan, serta 140 tenaga kerja termasuk 49 peralatan dikerahkan. Api diketahui benar-benar padam sekitar pukul 22.30 KST, 1 jam 29 menit kemudian.

BACA JUGA:Tak Terlihat Sejak 1937, Tikus Berbulu Emas Ditemukan Kembali di Afrika

Video situasi saat itu diunggah di media sosial, yang menunjukkan api membumbung tinggi  ke dinding luar gedung menyebabkan asap hitam mengepul.

Di tengah kepanikan akibat kebakaran, para tamu berhasil  mengungsi dengan selamat meski beberapa di antaranya terluka karena meloncat dari lantai gedung hotel. 

Seorang penanggung jawab hotel lain yang dekat dengan lokasi kebakaran mengatakan melalui panggilan telepon.

“Saya tahu bahwa beberapa tamu melompat dari gedung yang terbakar ke atap gedung hotel kami.” Dalam video situasi saat itu, seorang warganet berkata, 

“Rasanya mau terjatuh. “Apa yang harus aku lakukan terhadap orang itu?” “Ada orang lain di belakangku. “Apa yang terjadi?” menyuarakan kekhawatiran mengenai korban tambahan.

BACA JUGA:Hujan Deras dan Badai Menimbulkan Banjir di Gaza, Penyakit Menular dan Pasokan Pangan Menipis

Seorang saksi lain di lokasi kejadian juga mengatakan, “Beberapa orang melambaikan sapu tangan dari jendela gedung hotel dan meminta bantuan.”

Segera setelah terjadi kebakaran, perempatan depan hotel dipenuhi kendaraan dengan lampu peringatan, termasuk mobil pemadam kebakaran dan mobil polisi.

Hingga pukul 23.30 KST hari itu, 42 orang dilarikan ke rumah sakit setelah mengeluhkan gejala seperti menghirup asap atau nyeri punggung dan pergelangan kaki. 

Semuanya berada dalam kondisi yang sukup memprihatinkan. Perintah peringatan juga diturunkan ke tingkat respons 1.

Otoritas pemadam kebakaran di sana yakin bahwa api yang dimulai di langit-langit tempat parkir Struktur Piloti, telah menyebar ke luar gedung dan sedang menyelidiki penyebab pasti kebakaran dan kerusakan properti.

Seorang petugas kebakaran berkata, “Kami terus menyelidiki penyebab pasti kebakaran tersebut,” dan “Jumlah korban luka masih dihitung, sehingga mungkin akan berubah di masa mendatang.”

 

 

Berita Terkait