Internasional

Sejarah Baru dalam Pemilihan Parlemen Inggris: 25 Politikus Muslim Terpilih

Pemilihan Parlemen Inggris. (Sumber Foto: Muslim Mirror)
Pemilihan Parlemen Inggris. (Sumber Foto: Muslim Mirror)

PASUNDAN EKSPRES - Pemilihan Parlemen Inggris cetak sejarah baru sejak tahun 2019 yakni sebanyak 25 politikus Muslim berhasil memenangkan kursi dalam pemilihan parlemen Inggris.

Menurut laporan dari Muslim Network, dari 25 politikus yang terpilih, 18 berasal dari Partai Buruh, dua dari Partai Konservatif, satu dari Demokrat Liberal, dan empat independen.

Pemilihan Parlemen Inggris

Mengutip dari CNN Indonesia, para politikus ini akan menjadi anggota House of Commons, majelis rendah parlemen Inggris. 

BACA JUGA:Swedia Jual Tanah Seharga Rp1.000 Per Meter Persegi untuk Tingkatkan Angka Kelahiran, Warga Asing Boleh Membeli

Sejak 2019, hanya ada 19 anggota parlemen Muslim, sehingga pencapaian ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam representasi Muslim di parlemen.

Seperti yang dilaporkan oleh Anadolu Agency, dukungan warga Muslim terhadap Jalur Gaza Palestina memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil pemilu. 

Pemilu ini menandai tonggak penting dalam lanskap politik Inggris, mencerminkan peningkatan keragaman dan pengaruh komunitas Muslim terhadap politik di negara tersebut.

BACA JUGA:Di KTT NATO, Sekutu Mendukung Ukraina dalam Perang Bersama Rusia

Kemenangan Partai Buruh dan Perubahan Kebijakan

Pemilu ini juga mencatat kemenangan bagi Partai Buruh yang dipimpin oleh Keir Starmer. 

Dengan kekalahan Rishi Sunak, kursi Perdana Menteri akan ditempati oleh Starmer dan ia menegaskan dukungannya terhadap kemerdekaan Palestina dengan berpegang pada Solusi Dua Negara. 

Selain itu, Ia juga berencana mencabut permintaan kepada Pengadilan Pidana Internasional (International Criminal Court/ICC) untuk menunda rilis surat penangkapan terhadap Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu.

(pm)

Tag :
Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua