Internasional

Menteri Utama Delhi Ditangkap atas Tuduhan Korupsi Menjelang Pemilihan Umum di India

Menteri Utama Delhi Ditangkap atas Tuduhan Korupsi Menjelang Pemilihan Umum di India
Menteri Utama Delhi Ditangkap atas Tuduhan Korupsi Menjelang Pemilihan Umum di India (Image From: Mint)

PASUNDAN EKSPRES - Menteri Utama Delhi ditangkap atas tuduhan korupsi. Politisi oposisi terkemuka dan Menteri Utama Delhi, Arvind Kejriwal, telah ditangkap oleh lembaga penegak hukum keuangan India atas dugaan korupsi.

Menteri Utama Delhi Ditangkap atas Tuduhan Korupsi

Kasus ini berkaitan dengan kebijakan penjualan alkohol di kota tersebut. Arvind Kejriwal dan Partai Aam Aadmi (AAP) membantah melakukan kesalahan dan mengatakan bahwa dugaan ini memiliki motif politik.

Penangkapannya terjadi beberapa minggu sebelum tahap pemungutan suara dimulai dalam pemilihan umum di India. Polisi mengunjungi rumah Arvind Kejriwal pada hari Kamis dan melakukan penggeledahan dengan bantuan anggota dari Direktorat Penegakan Hukum.

BACA JUGA: Pemandian Umum di Kekaisaran Romawi, Lebih dari Sekedar Tempat Mandi

BACA JUGA: India Berhenti Ekspor Beras Satu Dunia Ketar-ketir!

Kasus ini melibatkan tuduhan kebijakan pemerintah Delhi pada tahun 2022 terkait penjualan alkohol, yang mengakhiri monopoli pemerintah, memberikan keuntungan yang tidak adil kepada pengecer swasta. Arvind Kejriwal telah mengabaikan beberapa panggilan terkait kasus ini.

Partai Aam Aadmi (AAP) menuduh Partai Bharatiya Janata (BJP), yang saat ini tengah berkuasa, melakukan "politik kotor". Partai Aam Aadmi (AAP)  akan mengajukan permohonan persidangan ke Mahkamah Agung untuk memastikan pembebasan Arvind Kejriwal.

Pemilihan umum di India akan dilaksanakan dalam tujuh tahap selama bulan April dan Mei, dan hasilnya akan diumumkan pada tanggal 4 Juni.

Mendekati tahap pemungutan suara, partai-partai oposisi mengajukan tuduhan bahwa pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi dari Partai Bharatiya Janata (BJP) menyalahgunakan lembaga-lembaga pemerintah untuk kepentingan politik.

Menurut Dilip Pandey, seorang anggota parlemen dari Partai Aam Aadmi (AAP) dan pemimpin utama di Majelis Delhi yang mengatakan kepada BBC bahwa penangkapan tersebut menunjukkan bahwa Modi merasa "takut" terhadap Kejriwal.

"Mereka dapat menangkap Kejriwal tetapi tidak dengan pikirannya. Kami akan terus melawan penangkapannya dan kebijakan-kebijakan yang tidak adil dari pemerintahan Modi," kata Pandey.

Dua pemimpin lain dari Partai Aam Aadmi (AAP), yaitu Sanjay Singh dan Manish Sisodia, telah ditangkap pada tahun lalu dalam kasus yang sama.

Mereka merupakan pemimpin oposisi terkemuka yang menjadi sasaran investigasi kriminal yang diduga memiliki motif politik.

(ipa)

Berita Terkait