Kesehatan

5 Makanan Sehat untuk Menjaga Tekanan Darah Normal, Pisang Salah Satunya

5 Makanan Sehat untuk Menjaga Tekanan Darah Normal, Pisang Slah Satunya
Ilustrasi buah (dok.pexels.com/PhotoMIX Company)

PASUNDAN EKSPRES - Pada umumnya, tak ada gejala yang jelas saat seseorang mengalami tekanan darah tinggi. Alhasil, untuk menjaga  tekanan darah agar tetap normal adalah tantangan tersendiri bagi pengidap hipertensi.

Namun, dengan bantuan obat-obatan, perubahan pola makan yang sehat, dan modifikasi gaya hidup lainnya, kamu dapat mengurangi tekanan darah tinggi sekaligus mengurangi risiko terkena penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal. Berikut makanan sehat untuk menjaga tekanan darah normal.   

BACA JUGA:Menyorot Penggunaan AED yang Masih Minim dalam Situasi Darurat di Event Olahraga

1. Buah Beri 

Penelitian menyebutkan bahwa mereka yang memiliki asupan antosianin tertinggi, terutama dari blueberry dan stroberi, memiliki penurunan risiko tekanan darah tinggi sebesar 8 persen, dibandingkan dengan yang asupan antosianinnya rendah.

BACA JUGA:Kemenkes Tegaskan Imunisasi Lebih dari Satu Jenis Vaksin Tidak Sebabkan Kematian

2. Pisang  

Pisang mengandung banyak potasium, yaitu mineral yang memainkan peran penting dalam mengelola hipertensi. Satu pisang berukuran sedang mengandung sekitar 422 miligram potasium.

BACA JUGA:Lonjakan Kasus Infeksi Bakteri Pemakan Daging di Jepang

3. Buah Bit

Buah bit mengandung nitrat anorganik tinggi yang berperan dalam menurunkan tekanan darah. Sebagai hasilnya, mengonsumsi buah bit dapat membantu mencegah hipertensi dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

BACA JUGA:Beberapa Jenis Kulit Ikan Ini Tidak Boleh Di Konsumsi, Meski Kaya Akan Kolagen

4. Cokelat Hitam

Selain sebagai camilan lezat, coklat hitam juga dapat menjadi pilihan makanan untuk menjaga kesehatan. Pasalnya, kandungan kakao dalam cokelat hitam mampu mengurangi hipertensi atau pre-hipertensi.

BACA JUGA:Selain Belajar, 3 Tanaman Herbal ini Dipercaya Bisa Buat Otak Lebih Cerdas 

5. Kiwi

Kiwi kaya akan vitamin C yang telah terbukti secara signifikan mengurangi tekanan darah pada orang dengan hipertensi primer. Bukan hanya itu, buah ini juga mengandung nutrisi lain yang berperan dalam regulasi tekanan darah, termasuk serat, kalium, dan magnesium.

Itu dia sejumlah pilihan makanan yang dapat kamu pertimbangkan untuk menjaga tekanan darah normal. Semoga bermanfaat. 

(nym) 

Berita Terkait