Kesehatan

Khawatir Asam Lambung Kambuh? Ini 5 Minuman Sehat yang Aman Dikonsumsi

Khawatir Asam Lambung Kambuh? Ini 5 Minuman Sehat yang Aman Dikonsumsi
Khawatir Asam Lambung Kambuh? Ini 5 Minuman Sehat yang Aman Dikonsumsi (Foto: Freepik)

PASUNDAN EKSPRES -  Simak selengkapnya informasi mengenai rekomendasi minuman sehat untuk pengidap asam lambung yang aman dikonsumsi.

Penyakit asam lambung atau disebut sebagai GERD merupakan penyakit kronis ketika asam lambung atau empedu mengalir ke saluran makanan dan mengiritasi dinding dalamnya.

Oleh sebab itu, pengidap asam lambung perlu menjaga pola makan dan minum agar asam lambung tidak kambuh.

BACA JUGA:Pola Makan dan Kebiasaan yang Membuat Lansia Rentan Asam Urat

Gejala munculnya asam lambung berupa mual, sensasi terbakar di dada, dan nyeri ulu hati. Selain itu, gejalanya juga bisa bertambah parah saat penderitanya berbaring, sehingga sering mengalami sulit tidur.

Untuk meredakan gejala penyakit ini, ada banyak hal yang bisa dilakukan, salah satunya mengonsumsi minuman tertentu yang tentunya aman dikonsumi oleh pengidap asam lambung.

Buat kamu yang ingin tahu informasi ini, simak selengkapnya tentang rekomendasi minuman sehat untuk pengidap asam lambung yang aman dikonsumsi.

BACA JUGA:5 Buah yang Bantu Atasi Radang Tenggorokan, Alpukat Salah Satunya

Rekomendasi Minuman Sehat untuk Pengidap Asam Lambung

1. Air Putih
Salah satu minuman utama dan wajib diminum oleh setiap orang tentunya air putih karena tidak mengandung bahan kimia apapun yang baik untuk tubuh.

Walaupun minum air putih bisa dibilang aman, namun harus tetap memperhatikan kadar pH air sebelum dikonsumsi sebab air putih dapat meningkatkan kadar pH dari setiap makanan yang dikonsumsi.

Dianjurkan untuk minum air putih sekitar 2 liter dalam sehari atau setara 8 gelas agar cairan dalam tubuh tetap terjaga dengan baik.

BACA JUGA:4 Waktu Minum Air Putih yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

2. Teh Herbal
Jika asam lambung sedang naik, cobalah untuk membuat teh herbal yang dapat meningkatkan pencernaan dan meredakan rasa mual.

Hindari mengonsumsi teh peppermint atau spearmint, pilihlah teh dengan aroma yang menenangkan misalnya teh chamomile yang bebas dari kafein.

Cara membuatnya cukup dengan seduh satu sendok teh herbal ke dalam cangkir air panas kemudian aduk dan langsung minum saat itu juga.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Obat Asam Lambung yang Ampuh di Apotek

3. Air Kelapa
Air kelapa menjadi alternatif minuman yang baik dikonsumsi untuk pengidap asam lambung sebab mengandung tinggi kalium yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan pH dalam tubuh.

Sebaiknya konsumsi air kelapa tanpa gula atau susu tambahan agar minuman tetap terjaga kemurniannya yang tentunya lebih segar tanpa campuran apapun.

4. Jus Buah
Mengonsumsi jus buah diperbolehkan untuk pengidap asam lambung, namun tidak disarankan dari buah yang mengandung asam yang tinggi seperti jeruk dan tomat.

Sebaiknya konsumsi jus buah yang mengandung asam rendah seperti jus semangka, jus apel, buah bit, dan lain-lain.

BACA JUGA:Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Tubuh, Cocok Buat yang Lagi Diet

5. Susu Rendah Lemak
Susu rendah lemak memang lebih baik dikonsumsi untuk penderita asam lambung sebab akan terjadi risiko jika meminum susu sapi dengan kandungan lemaknya yang tinggi.

Tentunya susu rendah lemak menjadi pilihan alternatif bagi yang mempunyai asam lambung namun ingin meminum susu agar tetap sehat.

Jenis susu nabati yang bisa dikonsumsi antara lain susu almond, susu kedelai, susu kacang mede yang memang memiliki kandungan rendah lemak.

Susu kedelai dinilai sebagai minuman paling aman untuk asam lambung karena kandungan lemaknya lebih sedikit sehingga aman dikonsumsi. (inm)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua