Lifestyle

Penting Banget Bestie! Cara Lain untuk Meluapkan Emosi tanpa Melukai Diri Sendiri

Penting Banget Bestie! Cara Lain untuk Meluapkan Emosi tanpa Melukai Diri Sendiri
Penting Banget Bestie! Cara Lain untuk Meluapkan Emosi tanpa Melukai Diri Sendiri (Image From: Pexels/Pedro Figueras)

PASUNDAN EKSPRES - Cara lain untuk meluapkan emosi tanpa melukai diri sendiri. Emosi adalah bagian alami dari kehidupan manusia.

Namun, dalam menghadapi tekanan, kekecewaan, atau kecemasan, beberapa orang mungkin merasa terdorong untuk meluapkan perasaan mereka dengan cara yang merugikan diri sendiri. 

Banyak dari mereka atau bahkan kamu memilih untuk menyakiti diri sendiri. Tentunya cara tersebut gak baik, ya, karena tubuh kamu sangat berharga. 

Buat kamu yang tengah berusaha melawan emosi yang menumpuk dan berniat untuk melukai diri sendiri, ada baiknya kamu mengetahui beberapa cara lain untuk meluapkan emosi tanpa menyakiti diri sendiri. Simak penjelasannya di bawah ini. 

Cara Lain untuk Meluapkan Emosi tanpa Melukai Diri Sendiri

Berikut adalah beberapa cara lain untuk meluapkan emosi tanpa melukai diri sendiri yang dilansir dari Instagram @psikologid, Jumat (20/9). 

Berteriak keras sembari menutupi wajah dengan bantal

Berteriak keras sambil menutupi wajah dengan bantal bisa menjadi cara yang efektif untuk melepaskan emosi yang terpendam. Tindakan seperti itu dapat memberikan pelampiasan tanpa membahayakan diri sendiri.

Saat berteriak ke dalam bantal, kamu dapat merasakan beban emosional yang lebih ringan, dan suara kamu yang tertahan bantal dapat membantu meredam ketegangan.

Cara itu adalah bentuk ekspresi yang aman dan bisa sangat melegakan, terutama ketika kamu merasa marah, frustrasi, atau stres. 

Menuliskan beragam pikiran negatif di selembar kertas, dan hancurkan

Menuliskan beragam pikiran negatif di selembar kertas dan kemudian menghancurkannya adalah teknik yang efektif untuk melepaskan emosi dan membebaskan pikiran.

BACA JUGA: Resep Putu Mayang Tanpa Cetakan, Praktis dan Lezat

BACA JUGA: Pecinta Dessert Merapat! Ini Resep Matcha Roll Cake yang Enak

Proses ini membantu kamu mengidentifikasi dan mengakui pikiran-pikiran yang mengganggu, sekaligus memberikan rasa kontrol atasnya.

Mengenggam batu es kemudian simpan es tersebut ke bagian yang ingin kamu lukai 

Percaya atau tidak mengenggam batu es dan menyimpannya di area yang ingin kamu lukai bisa menjadi cara untuk meredakan rasa sakit emosional atau fisik tanpa menimbulkan cedera.

Cara tersebut dapat memberikan sensasi dingin yang membantu mengalihkan perhatian dari rasa sakit yang kamu rasakan.

Membiarkan dirimu untuk menangis dan melepaskan beban emosi

Membiarkan diri untuk menangis adalah cara yang sangat efektif untuk melepaskan beban emosi.

Menangis bukan hanya respons alami terhadap rasa sakit atau kekecewaan, tetapi juga bisa menjadi bentuk terapi emosional. 

Melampiaskan energi dan emosi kamu ke dalam aktivitas fisik

Berusaha melampiaskan energi dan emosi kamu ke dalam aktivitas fisik bisa membantu kamu mengatasi perasaan yang sulit terluapkan.

Bahkan dengan aktivitas fisik, seperti berlari, berjalan, atau gym dapat meningkatkan suasana hati. Pikiran kamu yang sempat kacau, bisa terluapkan dengan mudah. 

Curhat kepada seseorang yang kamu percayai

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi emosi adalah dengan berbicara kepada orang yang kamu percayai. Kamu bisa melakukannya dengan teman, anggota keluarga, atau seorang profesional seperti psikolog.

Mengungkapkan perasaan kepada orang lain dapat membantu kamu merasa lebih lega dan mendapatkan perspektif baru tentang situasi yang tengah kamu hadapi.

Nah, itulah beberapa cara lain untuk meluapkan emosi tanpa melukai diri sendiri. 

(ipa)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua