Lifestyle

Kapan Pelaksanaan Wukuf di Arafah saat Ibadah Haji 2024? Cek Tanggalnya Disini!

Kapan Pelaksanaan Wukuf di Arafah saat Ibadah Haji 2024? Cek Tanggalnya Disini!
Jemaah haji Indonesia sedang melaksanakan wukuf di Arafah. (Foto: laman resmi Kemenag RI)

PASUNDAN EKSPRES - Simak selengkapnya informasi mengenai pelaksanaan wukuf di Arafah saat ibadah haji 2024.

Wukuf merupakan salah satu tahapan dalam rukun haji yang wajib hukumnya dilaksanakan di Padang Arafah.

Wukuf juga sering disebut sebagai puncak pelaksanaan ibadah haji yang dilaksanakan pada 9 Dzulhijjah, satu hari sebelum pelaksanaan hari raya Idul Adha.

Dilansir dari laman resmi NU Online, wukuf artinya berhenti atau berdiam diri di Arafah dalam keadaan ihram walau sejenak dalam waktu antara tergelincir matahari (9 Dzulhijjah) sampai terbit fajar pada 10 Dzulhijjah.

Melaksanakan wukuf hukumnya wajib sebab haji adalah wukuf sebagaimana tercantum dalam hadist Rasulullah SAW Tirmidzi yang diriwayatkan oleh Abdurrahman bin Ya'mur.

الحجُّ عرفةُ , فمن اَدْرَكَ لَيْلَةَ عرفةَ قبلَ طُلُوْعِ الفَجْرِ من ليلةِ جُمَعٍ فَقَدْ تَمَّ حَجُّـهُ

Artinya: "Haji adalah (wukuf di) Arafah. Siapa yang datang (di Arafah) pada hari Nahar malam sebelum fajar terbit, dia terhitung melakukan wukuf." (HR Tirmidzi, Ahmad, Abu Daud, Nasai dan Ibnu Majah).

Pelaksanaan waktu wukuf dimulai sejak tergelincirnya matahari (waktu dzuhur) pada 9 Dzulhijjah hingga terbit fajar (waktu Subuh) pada tanggal 10 Dzulhijjah.

Hal ini disampaikan oleh Imam An-Nawawi dalam kitab yang ditulis khusus perihal haji dan umrah, Al-Idhah fi Manasikil Hajji.

أحدهما كونه في وقته المحدود وهو من زوال الشمس يوم عرفة إلى طلوع الفجر ليلة العيد

Artinya: "Pertama, keadaan wukuf dilakukan pada waktunya yang telah ditentukan, yaitu sejak gelincir matahari (zuhur) hari Arafah (9 Dzulhijjah) sampai terbit fajar (Subuh) malam Idul Adha (10 Dzulhijjah)," (Imam An-Nawawi, Al-Idhah fi Manasikil Haji pada Hasyiyah Ibni Hajar alal Idhah.

Menurut Imam An-Nawawi, jemaah haji yang berada di Arafah pada rentang waktu wukuf yang telah ditentukan meski sejenak dianggap sah wukufnya dan dianggap telah melaksanakan ibadah haji.

Adapun jemaah haji yang tidak berada di Arafah pada rentang waktu yang ditentukan, dianggap jemaah batal berhajinya sehingga ia tetap berkewajiban haji pada tahun-tahun yang akan datang.

Sementara itu, waktu pelaksanaan wukuf di Arafah untuk jemaah haji pada tahun ini menurut Kemenag RI yang tertuang dalam Rencana Perjalanan Haji 1445 H/2024 adalah hari Sabtu, 15 Juni 2024 (9 Dzulhijjah). (inm)

Berita Terkait