Lifestyle

Ada Hikmah Dibalik Malam Lailatul Qadar yang Perlu Kamu Dalami

lailatul qadar
Ada Hikmah Dibalik Malam Lailatul Qadar yang Perlu Kamu Dalami (Dok Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Hikmah Dibalik Malam Lailatul Qadar yang menajdi salah satu malam yang sangat mulia di BUlan Ramadhan. 

Bahkan malam lailatul Qadar kebaikannya melebihi seribu bulan, Rasululloh SAW Bersabda: 

"Sesungguhnya bulan ini (Ramadhan) telah datang kepada kalian. Padahal terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Siapa saja yang terhalangi darinya, sungguh ia telah terhalangi dari semua kebaikan. Dan tidak ada yang terhalangi (darinya), kecuali orang yang memang terhalangi dari ke-baikan. " 

Malam tersebut adalah malam lailatul Qadar, sebenarnya tidak ada yang tahu pasti kapan malam lailatul qodar itu tiba. 

BACA JUGA:Cara Bayar Zakat Fitrah, Lengkap dan Mudah Dipahami

Hanya saja banyak pendapat ulama yang mengatakan bahwa malam lailatul qodar jatuh pada 10 hari terakhir ramadhan. 

Namun Imam Syafi'i mengatakan bahwa tanggal 21 dan 23 Ramadhan yang paling mempunyai potensial untuk melaksanakan malam lailatul qadar. 

Tapi ada juga ulama yang mengatakan bahwa malam lailatul qadar akan jatuh pada malam ke 10 terakhir bulan ramadhan dan tanggal 27 ramadhan. 

Meskipun malam lailatul qadar dirahasiakan, tentunya ada hikmah di dalamnya. Syakh Fakhruddin al-Rizi dalam Mafatih al-Ghaib menjelaskan. 

BACA JUGA:Tanda Alam Malam Lailatul Qadar Malam yang Penuh Berkah

Terkait waktu yang memperoleh keutamaan dan balasan pahala besar dalam ibadah, maka dari itu Allah SWT merahasiakannya dengan rapat-rapat. 

Bahkan penjelasan tentang Allah yang merahasiakan tanggal malam lailatul qadar itu jelas di sampaikan dalam kibat Fathul Bari. 

Kenapa harus dirahasiakan? 

Karna Allah menginginkan agar hambanya berlomba-lomba serta bersungguh-sungguh dalam beribadah pada seluruh malam bulan Ramadhan. 

BACA JUGA:Doa dan Niat Zakat Fitrah Berkah dan Kesempatan untuk Bersihkan Jiwa.

Dalam penjelasan lain Syeikh Nidzamudiin an-Nasibasuri dalam tafsirnya, Graraib al-Qur'an wa Raghaib al-Furqan. 

"Hikmah dirahasiakannya malam lailatul qodar di antara malam-malam bulan Ramadhan adalah seperti dirahasiakannya kematian dan hari kiamat. Sehingga manusia dengan penuh suka cita menjelaskan ibadah, lebih bersungguh-sungguh, tidak lalai dan tidak bermalas-malasan," 

waAllahu a'lam. 

Berita Terkait