Lifestyle

5 Sub Genre Romance yang Jarang Diketahui oleh Para Penulis

5 Sub Genre Romance yang Jarang Diketahui oleh Para Penulis
5 Sub Genre Romance yang Jarang Diketahui oleh Para Penulis (Image From: Pexels/ready made)

PASUNDAN EKSPRES - Sub genre romance yang perlu dipahami oleh para penulis. Romance merupakan salah satu genre yang diminati oleh hampir semua orang di dunia.

Dari mulai novel, sampai pada sebuah film atau drama, peminat genre romance selalu memiliki kursinya tersendiri. Genre romance sendiri merupakan salah satu genre karya fiksi yang biasanya mengacu pada hubungan romantis antara dua tokoh sebagai fokus utamanya.

Terkadang ending dari genre ini biasanya memberikan kesan yang cukup memuaskan emosional. Oleh karena itu, terkadang novel bergenre romance seringkali menjadi novel yang populer. 

Nah, tapi, apakah kamu tahu bahwa genre romance juga memiliki sub genrenya? Sub genre adalah kelompok jenis karya fiksi yang merupakan bagian dari genre yang utamanya.

Nah, ada beberapa sub genre romance yang harus kamu tahu sebagai seorang penulis. Simak di bawah ini. 

Sub Genre Romance 

Berikut adalah beberapa sub genre romance yang dirangkum dari postingan Instagram @teorikatapublishing, Rabu, (8/5/2024). 

Historical Romance 

Sub genre romance yang pertama adalah historical romance. Sub genre ini merupakan sub genre yang mengisahkan romansa sejarah yang berlatar sebelum Peran Dunia II atau di masa lalu.

Tapi, ada juga yang mengatakan bahwa sub genre historical romance ini didefinisikan sebagai roman sejarah yang bisa mengambil latar peristiwa bersejarah walaupun dengan latar waktu setelah Perang Dunia II. 

Romantic Suspense

Sub genre berikutnya adalah sub genre romantic suspense. Sub genre ini menyelipkan sebuah kisah thriller di dalam kisah romansa.

Misalnya saja kisah sepasang kekasih yang menjadi tokoh dalam sub genre ini tengah dihadapkan dengan bahaya, misteri, atau bahkan pengungkapan rahasia. 

Dark Romance 

Sub genre romance yang selanjutnya adalah sub genre dark romance. Sub genre ini terkesan lebih gelap. Bahkan seringkali mengandung unsur kekerasan, dan konten yang bersifat dewasa.

Dark romance menampilkan inti pembahasan yang terkesan tabu dan kontrovesional, misalnya seks non-konsensual, melakukan penyimpangan, dan kekerasan, sampai pembunuhan. 

Fantasy Romance 

Sub genre fantasy romance ini menceritakan tentang bagaimana kisah cinta digabungkan dengan tema fantasi.

Kamu bisa menuliskannya dengan kisah cinta beda alam, beda planet, atau bahkan percintaan antara manusia dengan makhluk lainnya. 

Inspirational Romance 

Sub genre romance yang selanjutnya adalah sub genre inspirational romance yang berkaitan dengan keyakinan dan spritualistas.

Sub genre ini bertema cinta religi yang inspiratif dan didominasi dengan sesuatu yang bersifat gambaran.

Misalnya saja dengan adegan romantis, seperti berpegangan tangan, saling pandang, dan duduk bersebelahan yang sebenarnya berlaku saat pasangan sudah menikah. 

Nah, itulah mengenai beberapa sub genre romance yang harus kamu ketahui. Semoga artikel ini dapat membantumu. (ipa)

 

Berita Terkait