Lifestyle

Perbedaan Oven dan Microwave untuk Para Ibu Rumah Tangga yang Kebingungan

Perbedaan Oven dan Microwave untuk Para Ibu Rumah Tangga yang Kebingungan
Perbedaan Oven dan Microwave untuk Para Ibu Rumah Tangga yang Kebingungan (Image From: Pexels/cottonbro studio)

PASUNDAN EKSPRES - Perbedaan oven dan microwave seringkali menjadi perdebatan yang masih dibicarakan. Oven dan microwave merupakan dua perangkat yang seringkali digunakan di dapur.

Keduanya mempunyai peran penting dalam memasak dan memanaskan makanan. Mungkin jika kamu melihatnya sekilas, kedua perangkat ini memang agak mikir. Baik oven maupun microwave mempunyai bentuk yang berupa balok dan dilengkapi dengan panel kaca pada bagian tengahnya. 

BACA JUGA:Coba Tiru Kebiasaan Ini! Manfaat Minum Teh di Pagi Hari, Dijamin Badan Langsung Seger

Tapi, daripada itu, oven dan microwave juga mempunyai perbedaan yang harus kamu ketahui. Nah, di sini ada beberapa perbedaan oven dan microwave yang bisa bantu kamu agar kamu tidak merasa bingung lagi. Yuk, simak penjelasannya di bawah. 

Perbedaan Oven dan Microwave 

  • Oven dirancang khusus untuk memanggang atau memanggang makanan (baking atau roasting), sementara microwave tidak memiliki kemampuan untuk memanggang karena hanya dapat digunakan untuk memanaskan makanan. Oven akan sangat cocok untuk kamu yang senang membuat roti dan cupcake, tapi kalau kamu hanya perlu memanaskan makanan, kamu bisa menggunakan microwave. 
  • Oven beroperasi dengan menggunakan sumber energi listrik atau gas, di mana elemen pemanas oven akan mengubah energi tersebut menjadi panas. Panas ini akan didistribusikan secara merata di seluruh ruang oven untuk memasak makanan. Namun, microwave menggunakan gelombang mikro elektromagnetik sebagai sumber energinya.
  • Karena oven dan microwave memiliki cara kerja yang berbeda, maka kecepatan pemanasan antara keduanya akan berbeda pula. Saat menggunakan oven, proses pemanasan atau memasak cenderung memakan waktu lebih lama karena panas tidak langsung diarahkan ke makanan, melainkan panas tersebut menyebar ke seluruh ruang oven. Di sisi lain, microwave memiliki keunggulan dalam hal ini karena pemanasan microwave terjadi langsung pada makanan, sehingga proses pemanasan dapat berlangsung secara efisien.
  • Pada oven, proses pematangan makanan dimulai dari lapisan luar menuju ke dalam. Hal ini memungkinkan makanan matang secara merata dengan lapisan luar yang renyah kecokelatan, sementara bagian dalam tetap lembut dan empuk. Di sisi lain, hasil makanan setelah dipanaskan dengan microwave cenderung lebih kering.

Nah, itulah mengenai beberpa perbedaan oven dan microwave yang barangkali kamu belum mengetahuinya. Semoga artikel ini dapat membantumu. (ipa)

Berita Terkait