MotoGp

Marc Marquez Tak Khawatir Meski 1052 Hari Tanpa Kemenangan di MotoGP

Marc Marquez. Foto: AFP/JOSEP LAGO
Marc Marquez. Foto: AFP/JOSEP LAGO

PASUNDAN EKSPRES - Pembalap Tim Gresini Ducati, Marc Marquez, tetap tenang meski sudah 1052 hari atau hampir tiga tahun tanpa kemenangan di ajang MotoGP. Sang juara dunia enam kali ini mengaku fokus pada pengembangan diri dan memahami motor Ducati yang kini dikendarainya. Baginya, selama bisa finis di podium, kemenangan bukanlah prioritas utama.

Sejak bergabung dengan Gresini Ducati, Marquez telah mengikuti 11 seri dan 22 balapan, termasuk sprint di musim MotoGP 2024. Namun, meski tampil kompetitif, pembalap berjuluk The Baby Alien ini belum berhasil memecah kebuntuan kemenangannya. Pada GP Austria 2024 yang berlangsung pekan lalu, Marquez gagal finis dalam sprint akibat kecelakaan dan hanya mampu finis keempat di balapan utama di Sirkuit Red Bull Ring.

Dengan hasil tersebut, Marquez sudah 1052 hari tak merasakan kemenangan di balapan utama MotoGP. Terakhir kali ia naik podium utama adalah pada GP Emilia-Romagna, 24 Oktober 2021, saat masih membela tim Repsol Honda.

Meskipun demikian, Marquez tidak terlalu mempermasalahkan hal ini. Ia menyatakan bahwa fokusnya saat ini adalah terus mengembangkan performanya di musim 2024 dan memastikan dirinya bisa naik podium.

“Ini adalah tahun pengembangan. Dan saya sedang membangunnya selangkah demi selangkah,” kata Marquez dalam wawancara yang dilansir dari Speedweek, Senin (19/8/2024). “Dan saya ingin memastikan diri saya berhasil naik podium. Jika saya tidak berhasil menang tahun ini, maka itu akan terjadi tahun depan,” tambahnya.

Marquez sendiri sudah beberapa kali naik podium di MotoGP 2024. Pembalap berusia 31 tahun ini telah finis di podium empat kali dalam balapan utama, dengan tiga di antaranya sebagai runner-up. Selain itu, ia juga sudah lima kali finis di tiga besar dalam balapan sprint dari 11 seri yang telah digelar.

Saat ini, Marquez berada di peringkat empat klasemen sementara MotoGP 2024 dengan raihan 192 poin. Menarik untuk dinantikan, berapa lama lagi Marquez bisa mematahkan dominasi Francesco Bagnaia dan Jorge Martin untuk kembali ke jalur kemenangan.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua