MotoGp

Nasib Sial Marc Marquez di MotoGP Mandalika 2024, Motor Terbakar di Balapan Utama, Ternyata Ini Penyebabnya!

Pembalap Gresini Racing Marc Marquez, keluar lintasan saat balapan MotoGP Grand Prix Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika, Minggu (29/9/2024). Sumber Foto: Bay Ismoyo/AFP
Pembalap Gresini Racing Marc Marquez, keluar lintasan saat balapan MotoGP Grand Prix Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika, Minggu (29/9/2024). Sumber Foto: Bay Ismoyo/AFP

PASUNDAN EKSPRES - Nasib malang menghampiri pembalap Tim Gresini Ducati, Marc Marquez, saat berlaga di MotoGP Mandalika 2024. Motor Desmosedici miliknya tiba-tiba terbakar ketika balapan utama sedang berlangsung, akibat kerusakan mesin yang terjadi tanpa pertanda.

Awalnya, Marquez - yang dijuluki The Baby Alien - berhasil mengakhiri kutukan di Sirkuit Mandalika setelah finis untuk pertama kalinya di Indonesia dalam sprint race pada Sabtu, 28 September 2024. Meski memulai dari posisi ke-12, ia mampu menyelesaikan balapan tersebut di podium ketiga.

Namun, nasib buruk kembali menghantui Marquez pada balapan utama, Minggu (29/9/2024) siang WIB. Ia gagal finis untuk ketiga kalinya dalam ajang MotoGP Indonesia setelah terlibat persaingan sengit dengan Fabio Di Giannantonio untuk memperebutkan posisi ketujuh. Marquez mendadak memperlambat motornya karena percikan api muncul dari mesin Desmosedici yang dikendarainya. Ia terpaksa menepi, dan marshal balapan dengan cepat memadamkan api.

Pembalap asal Spanyol itu menjelaskan bahwa motornya terbakar akibat kerusakan mesin yang terjadi secara mendadak. “Kerusakan terjadi tanpa ada pertanda. Motornya berjalan dengan baik, tapi tiba-tiba terdengar suara keras dan terjadi begitu saja. Itu adalah kerusakan mesin,” ungkap Marquez kepada Speedweek, Senin (30/9/2024).

Meski gagal finis, Marquez tidak terlalu kecewa dengan hilangnya kesempatan untuk terus mengejar posisi puncak klasemen yang saat ini ditempati Jorge Martin. Menurutnya, targetnya hanya finis di lima besar dalam setiap balapan musim ini, dan ia sudah berhasil mencapainya sejauh ini.

“Saya selalu mengatakan bahwa penting bagi saya untuk menempatkan diri kami di antara yang terbaik dan finis di lima besar dalam segala kondisi. Kami telah mencapai tujuan kemenangan pribadi saya,” jelas juara MotoGP enam kali itu.

Marquez menambahkan, “Tonggak sejarah berikutnya adalah konsistensi. Dan karena kesalahan kami sendiri, kami tidak dapat melakukannya hari ini”

Dengan insiden ini, Marc Marquez harus menerima kenyataan pahit gagal finis di Mandalika dan terus bekerja keras untuk mencapai konsistensi di sisa musim MotoGP 2024.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua