Nasional

Potensi dan Wacana Pemekaran 10 Calon Provinsi Baru di Pulau Jawa

Potensi dan Wacana Pemekaran 10 Calon Provinsi Baru di Pulau Jawa (Sumber Foto YouTube Studio Langit)
Potensi dan Wacana Pemekaran 10 Calon Provinsi Baru di Pulau Jawa (Sumber Foto YouTube Studio Langit)

PASUNDAN EKSPRES- Pulau Jawa, sebagai pusat kehidupan politik, ekonomi, dan budaya Indonesia, telah menjadi fokus pembicaraan mengenai rencana pemekaran provinsi baru.

Hingga tahun 2024, pulau ini terdiri dari enam wilayah provinsi, yaitu Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Namun, telah muncul usulan dan wacana mengenai pembentukan 10 provinsi baru yang berpotensi untuk membawa perubahan signifikan. Mari kita telaah lebih lanjut.

1. Provinsi Tangerang Raya

Provinsi ini diusulkan untuk dimekarkan dari provinsi Banten. Wilayahnya meliputi Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang Utara, dan Kota Tangerang Tengah. Rencananya, ibukota provinsi akan berada di Kota Tangerang.

2. Provinsi Bogor Raya atau Pakuan Bagasi

Usulan ini berasal dari pemekaran provinsi Jawa Barat. Wilayahnya mencakup Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Cianjur. Kota Bogor diusulkan sebagai ibukota provinsi.

3. Provinsi Cirebon

Provinsi ini akan dimekarkan dari Jawa Barat dengan wilayah mencakup beberapa kabupaten, seperti Indramayu, Majalengka, Kuningan, Cirebon, dan Kota Cirebon. Ibukota provinsi direncanakan berada di Kota Cirebon.

4. Provinsi Banyumasan

Usulan pemekaran dari Jawa Tengah dengan wilayah mencakup Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, Kota Tegal, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Banyumas, Kota Purwokerto, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, dan Kabupaten Kebumen. Kota Purwokerto direncanakan sebagai ibukota provinsi.

5. Provinsi Daerah Istimewa Surakarta

Provinsi ini diusulkan dari pemekaran Jawa Tengah dengan wilayah mencakup Kabupaten Boyolali, Sragen, Klaten, Sukoharjo, Kota Surakarta, Karanganyar, dan Wonogiri. Ibukota provinsi direncanakan berada di Kota Surakarta.

6. Provinsi Jawa Utara atau Muriar

Pemekaran dari Jawa Tengah dengan wilayah mencakup Kabupaten Jepara, Kudus, Grobogan, Pati, Rembang, dan Blora. Ibukota provinsi direncanakan berada di Kabupaten Kudus.

7. Provinsi Jawa Selatan atau Mataraman

Usulan pemekaran dari Jawa Timur dengan wilayah mencakup beberapa kabupaten dan kota seperti Ngawi, Magetan, Madiun, Nganjuk, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kediri, Blitar, dan Kota Blitar. Kota Kediri direncanakan sebagai ibukota provinsi.

8. Provinsi Malang Raya

Pemekaran dari Jawa Timur dengan wilayah mencakup Kabupaten Malang, Kota Malang, Kota Batu, Kabupaten Pasuruan, dan Kota Pasuruan. Ibukota provinsi direncanakan berada di Kota Malang.

9. Provinsi Blambangan

Diusulkan dari pemekaran Jawa Timur dengan wilayah mencakup Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Situbondo, dan Kabupaten Banyuwangi. Ibukota provinsi direncanakan berada di Kabupaten Banyuwangi.

10. Provinsi Madura

Usulan pemekaran dari Jawa Timur dengan wilayah mencakup Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Kota Pamekasan, dan Sumenep. Ibukota provinsi direncanakan berada di Kota Pamekasan.

Perlu dicatat bahwa usulan-usulan ini masih dalam tahap wacana dan perencanaan. Namun, jika terealisasi, pemekaran provinsi baru di Pulau Jawa diharapkan dapat membawa manfaat signifikan dalam pengelolaan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan kepada masyarakat setempat.

Tetap ikuti perkembangan terbaru terkait hal ini untuk informasi yang lebih mendalam. Jangan sampai ketinggalan informasi terbaru lainnya.

Berita Terkait