Nasional

Prabowo dan SBY Kompak Peringati 19 Tahun Tsunami Aceh 2004

Acara Peringatan 19 Tahun Tsunami Aceh akan dihadiri oleh Presiden ke-6 sekaligus Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). (Dok Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Acara Peringatan 19 Tahun Tsunami Aceh akan dihadiri oleh Presiden ke-6 sekaligus Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Selain SBY, Mentri Pertahanan (Menham) sekaligus capres nomor urut 2 akan turut hadir dalam peringatan 19 tahun Tsunami Aceh yang terjadi pada tahun 2004. 

Nusron Wahid selaku Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran menegaskan, Prabowo hadir dalam acara ini dalam kapasitas sebagai Menham. 

"Ya betul. hari ini dalam kapasitas sebagai Menhan bersama Presiden ke-6 SBY, ada acara di Aceh. Kegiatan peringatan 19 tahun Tsunami Aceh," ujar Nusron

Nusron juga mengatakan, peringatan Tsunami Aceh tersebut juga dihadiri oleh tokoh dan hulubalang Aceh dengan jumlah peserta peringatan sekitar 250 orang. 

"Hulubalang dan tokoh Aceh bersama Pak SBY. Sekaligus memperingati tsunami dan perdamaian Aceh di Hotel Hermes," imbuh dia.

Tentang Tsunami Aceh 2004

Minggu, 26 DEsember 2004 telah terjadi Tsunami Aceh, sekitar pukul 07.50 WIB. 

Pada saat itu, Aceh bagian Barat dan sekitarnya mengalami guncangan gempa sebesar 9,1 hingga 9,3 SR yang berpusat di 20-25 kilometer barat daya Sumatra. 

Tidak lama dari itu, warga di pesisir pantai melihat air laut yang menjadi surut dan garis pantai mundur hingga ratusan meter. 

Selang beberapa menit kemudian, Gelombang besar datang kurang lebih sekitar 30 meter yang menyapu pantai barat Sumatra dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. 

Diperkirakan gelombang tsunami ini menyapu bersih daratan dengan kecepatan mencapai 800 km per jam.

Hanya beberapa menit saja, KOta yang berada di pesisir barat Aceh sudah dipenuhi dengan puing-puing bangunan dan mayat dalam kondisi tragis. 

Dalam paloran terdapat 132.000 meninggal dunia dan 37.000 orang hilang. 

Pada 27 Desember 2004, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan bahwa Bencana Tsunami Aceh merupakan bencana kemanusiaan terbesar yang pernah terjadi di Indonesia. 

31 Desember 2004, Indonesia dinyatakan sebagai Negara yang mengalami bencana Tsunami paling parah. 

Akibat besarnya guncangan di Aceh beberapa Negara menimbulkan tsunami yang diantaranya Sri Langka, Thailand dan India. 

Berita Terkait