Nasional

Warga Mengungsi Dampak Erupsi Gunung Ruang, Simak Updatenya disini

Warga Mengungsi Dampak Erupsi Gunung Ruang, Simak Updatenya disini(dok Youtube)
Warga Mengungsi Dampak Erupsi Gunung Ruang, Simak Updatenya disini(dok Youtube)

PASUNDAN EKSPRES - Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, mengalami erupsi yang mengakibatkan ribuan warga harus mengungsi. 

 

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan bahwa status 'Awas' level IV telah diberlakukan dengan ketinggian 725 mdpl, dan dampaknya terus meluas.

 

 

Warga Mengungsi Dampak Erupsi Gunung Ruang, Simak Updatenya disini

 

 

Menyikapi situasi ini, BNPB sedang melakukan pendataan terhadap jumlah total pengungsi, mengingat mereka tersebar di beberapa titik. 

 

Abdul Muhari, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, menjelaskan bahwa warga yang terdampak dan mengungsi berasal dari berbagai desa di sekitar Gunung Ruang.

 

 

 

Desa Laingpatehi, Desa Pumpete, Desa Tulusan, dan Desa Barangka Pehe merupakan beberapa di antara desa yang terkena dampak erupsi. 

 

Sebagian besar warga mengungsi ke desa-desa di sekitarnya, sementara yang lain memilih untuk mengungsi ke kota-kota terdekat seperti Kota Manado, Siau, dan Kota Bitung.

 

 

 

Untuk mendukung para pengungsi, BNPB telah mengirimkan bantuan berupa tenda pengungsi, makanan, perlengkapan kebersihan, dan peralatan tidur. 

 

Bantuan ini dikirimkan melalui jalur udara dan darat setelah Bandara Sam Ratulangi di Kota Manado ditutup.

 

 

 

"Skenario kami adalah untuk menyimpan bantuan di posko pangkalan kapal TNI AL apabila tidak dapat semuanya disalurkan sekarang untuk diangkut pada pemberangkatan berikutnya," jelas Aam, sapaan akrab Abdul Muhari.

 

 

 

Situasi ini menunjukkan perlunya tanggap darurat dan dukungan yang cepat dalam mengatasi bencana alam. 

 

BNPB dan pihak terkait terus bekerja untuk memberikan bantuan dan perlindungan kepada para pengungsi, sambil tetap memantau perkembangan situasi Gunung Ruang secara intensif.

 

 

 

Untuk info lebih lanjut bisa kalian simak disini

Berita Terkait