Nasional

Tidak Hanya Mahasiswa dan Buruh juga Organisasi Masyarakat, Sejumlah Artis Juga Turut Ikut Aksi Kawal Putusan MK Hari ini

kawal putusan MK hari ini
Aparat gabungan saat melakukan apel pengamanan aksi kawal putusan MK di gedung DPR RI

PASUNDAN EKSPRES - Sejumlah pesohor ikut turun ke jalan mengawal putusan MK yang sudah bergaung di media sosial sejak kemarin malam.

Seruan ini menggema sejak DPR setuju merevisi UU soal Pilkada yang dinilai dapat mengancam demokrasi.

Mahasiswa dan buruh juga organisasi masyarakat juga ikut berbondong-bondong turun ke jalan.

Tidak terkecuali mereka yang berprofesi sebagai artis, nama-nama kondang seperti Kunto Aji, Ananda Badudu, Abdur Arsyad, hinnga penulis Okky Madasari juga terpantau turut serta aksi.

Sejumlah artis dan publik figur menyuarakan protes mereka terhadap kesepakatan rapat Panitia Kerja (Panja) Badan Legislasi (Baleg) DPR yang diadakan pada Rabu (21/8) lalu.

Aksi ini dilakukan sebagai bentuk penolakan karena keputusan tersebut dianggap bertentangan dengan putusan Mahkamah Konstitusi yang dikeluarkan sehari sebelumnya, pada Selasa (20/8).

Di antara para artis yang ikut dalam aksi protes ini adalah musisi Ananda Badudu, Kunto Aji, komedian Abdur Arsyad, serta penulis Okky Madasari.

Kunto Aji bahkan menyatakan tekadnya untuk ikut serta dalam demonstrasi meski pada malam harinya harus tampil dalam konser turnya.

"Mana besok malam konser tour Jakarta. Kalau sempat, gue bakal tetap ikutan turun sih," tulis Kunto Aji di akun media sosialnya.

Selain itu, artis seperti Acha Septriasa, Dochi Pee Wee Gaskins, dan Fedi Nuril juga turut mengunggah poster bertema "Peringatan Darurat Pancasila" yang berwarna biru tua.

Okky Madasari menyuarakan protesnya melalui sebuah puisi yang diunggah di media sosial. 

"Peringatan Darurat. Buk, negara kita darurat/ dipimpin penjahat/ yang terbahak-bahak/ melihat aturan diacak-acak/ dikuasai pengkhianat/ yang tetap tidur nyenyak/ saat rakyat berteriak-teriak," tulis Okky dalam puisinya yang menyertai unggahan poster tersebut.

"Buk, aku pamit/ turun ke jalan/ sampai menang."

Tidak hanya mereka, sejumlah aktor, sutradara, komedian, hingga musisi juga menunjukkan solidaritas mereka dengan mengunggah tangkapan layar siaran "Peringatan Darurat" di media sosial masing-masing. 

Beberapa di antaranya adalah komedian Arie Kriting, Pandji Pragiwaksono, dan musisi Fiersa Besari, yang secara terbuka menyampaikan keresahan mereka terhadap situasi politik saat ini sambil mengunggah foto bertema serupa.

Sutradara Joko Anwar, serta aktor Baskara Putra alias Hindia, Fedi Nuril, Joshua Suherman, dan Andhika Pratama juga turut mengunggah tangkapan layar bertuliskan "Peringatan Darurat."

"Merdeka! Hidup lah Indonesia Raya," tulis Arie Kriting di media sosialnya, disertai emotikon bendera Merah Putih pada Rabu (21/8).

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua