Nasional

Jadwal Puasa Pertama 2024 di Indonesia

Puasa pertama 2024
Jadwal Puasa pertama 2024. Ilustrasi @Freepik

PASUNDAN EKSPRES - Umat Islam di Indonesia akan segera menyambut bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah. Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan ampunan, di mana umat Islam diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Namun, kapan sebenarnya puasa pertama 2024 di Indonesia?

Untuk menentukan awal puasa Ramadhan, umat Islam menggunakan metode hisab dan rukyat. Hisab adalah perhitungan astronomi terhadap posisi bulan, sedangkan rukyat adalah pengamatan langsung terhadap bulan sabit atau hilal. Hilal adalah tanda awal bulan baru dalam kalender Islam.

Pengurus Pusat Muhammadiyah telah menetapkan awal puasa Ramadhan 1445 H jatuh pada hari Senin, 11 Maret 2024. Penetapan ini berdasarkan metode hisab wujudul hilal hakiki yang dianggap lebih akurat dan objektif. Muhammadiyah juga telah menetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1445 H pada hari Rabu, 10 April 2024.

Sementara itu, Kementerian Agama (Kemenag) RI menggelar sidang isbat untuk menetapkan awal puasa Ramadhan 1445 H secara nasional pada hari Minggu, 10 Maret 2024.

Sidang isbat melibatkan para ahli astronomi, hisab, rukyat, serta perwakilan organisasi keagamaan seperti Nahdlatul Ulama (NU) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Sidang isbat mengacu pada hasil rukyatul hilal yang dilakukan di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di POB Cibeas Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

POB Cibeas adalah Pusat Observasi Benda Angkasa yang berada di bawah Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Di sana, tim rukyatul hilal yang terdiri dari 13 unsur tidak berhasil melihat hilal karena cuaca mendung dan ketinggian hilal di bawah 3 derajat.

Dari hasil sidang isbat, Kemenag menetapkan awal puasa Ramadhan 1445 H jatuh pada hari Selasa, 12 Maret 2024.

Keputusan ini sesuai dengan kriteria MABIMS, yaitu kesepakatan antara Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura, yang menetapkan ketinggian hilal minimal 3 derajat dan elongasi minimal 6,4 derajat.

Demikian jadwal puasa pertama 2024 di Indonesia yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mempersiapkan diri untuk menjalankan ibadah puasa. Ramadhan Mubarak!

Berita Terkait