Nasional

Profil Tom Lembong yang banyak disebut Gibran

Profil Tom Lembong yang banyak disebut Gibran
Tom Lembong (dok.instagram.com/tomlembong)

PASUNDAN EKSPRES - Dalam Debat Cawapres Minggu malam kemarin, nama Thomas Lembong atau yang akrab disapa Tom Lembong banyak disebut oleh Calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

Nama Tom Lembong disebut Gibran saat menyindir Cawapres kompetitornya, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.Gibran menilai Cak Imin tidak mengerti tentang lithium ferrophosphate (LFP). 

Padahal istilah LFP sering diungkap oleh Tom Lembong selaku Co-Captain Timnas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN). Terlepas dari persoalan sindiran itu, yuk kita cari tahu profil Tom Lembong di bawah ini.

Profil Tom Lembong

Thomas Trikasih Lembong atau akrab disapa Tom Lembong adalah salah satu tokoh ekonomi kawakan di tanah air. 

Saat ini, Tom termasuk pentolan tim ekonomi pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies-Cak Imin.

Tom sebenarnya pernah berada di dalam ruang lingkup pemerintah, yang menduduki jabatan bergengsi di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Lebih tepatnya, dia pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Bahkan, dilansir dari detik, pada masa pemerintahan Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta, Tom Lembong sempat menjabat sebagai Komisaris Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJAA).

Tom diketahui pernah menjabat sebagai CEO dan Managing Partner di perusahaan asuransi Quvat Capital.

Tom Lembang juga sempat bekerja di Deutsche Bank, Morgan Stanley, Farindo Investments, dan sempat 2 tahun bekerja sebagai Kepala Divisi dan Senior VP di Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN).

Tom adalah salah satu sosok yang bertanggung jawab mengelola aset para obligator BLBI di BPPN. Lulusan Universitas Harvard ini sempat menjadi sorotan ketika restrukturisasi aset Sinar Mas pada 2001.

Di sisi lain, Tom Lembong pernah dinobatkan sebagai Young Global Leader (YGL) di World Economic Forum (Davos) pada 2008. Sedangkan saat ini, Tom Lembong menjabat sebagai Co-Captain di Timnas AMIN.

(nym) 

 

Berita Terkait