Nasional

Ternyata Ini yang Buat Harga Obat di Indonesia Lebih Mahal 5x Lipat Dibanding Malaysia

Ternyata Ini yang Buat Harga Obat di Indonesia Lebih Mahal 5x Lipat Dibanding Malaysia
Ternyata Ini yang Buat Harga Obat di Indonesia Lebih Mahal 5x Lipat Dibanding Malaysia (dok Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Kementrian Kesehatan (Kemenkes RI) ungkap alasan kenapa Harga Obat di Indonesia Lebih Mahal 5x Lipat Dibanding Malaysia. 

Pada Selasa, 2 Juli 2024 Kemenkes RI, Budi Gunadi menyebutkan alasana Harga Obat di Indonesia Lebih Mahal 5x Lipat Dibanding Malaysia itu dikarnakan tata kelola yang tidak baik. 

Bukan hanya itu saja, Budi juga mengatakan perdagangan di Indonesia terlalu panjang dan informasi kesehatan yang tidak transfaran jadi salah satu pemicunya. 

"Kalau saya lihat, perdagangan kita terlalu panjang, itu mesti dirapihkan. Kedua tata kelola, transparansinya juga mesti diperbaiki," kata Budi dikutip dari Youtube DPR. 

Budi juga tidak menyangkal, bahkan Harga Obat di Indonesia Lebih Mahal 5x Lipat Dibanding Malaysia. Namun ia mengatakan Indonesia mempunyai obat-obatan dengan harga murah. 

"Harga [obat] di Indonesia lebih mahal dan benar. Ada yang lebih murah sih, kalau yang generik kita sebenarnya relatif murah, tapi kalau yang obat-obat non-generik itu sangat mahal," ucapnya. 

Dalam menangani kasus ini Budi mengatakan Kemenkes akan melakukan kerja sama dengan kementrian lain. Contohnya Kementrian Keuangan (Kemenkeru RI), kementrian Perindustrian (Kemenperin RI) dll. 

Harga Obat di Indonesia Lebih Mahal 5x Lipat Dibanding Malaysia juga sempat menjadi perhatian Presiden Joko Widodo ketika melakukan rapat bersama dengan Kemenkes RI. 

Dalam rapat tersebut Jokowi memerintahkan Mentri kesehatan agar tata kelola, pembelian obat dan alat kesehatan harus diperbaiki. Agar lebih transparan demi mengurangi biaya yang tidak perlu. 

"Ada biaya-biaya yang mungkin harusnya tidak dikeluarkan karena ujungnya kan yang beli pemerintah juga," jelasnya.

Berita Terkait