Nasional

Sebanyak 1.000 Personel Gabungan Disiapkan untuk Amankan Arus Mudik Lebaran Idul Fitri 2024

Sebanyak 1.000 Personel Gabungan Disiapkan untuk Amankan Arus Mudik Lebaran Idul Fitri 2024
Sebanyak 1.000 Personel Gabungan Disiapkan untuk Amankan Arus Mudik Lebaran Idul Fitri 2024 (Image From: Pixabay)

PASUNDAN EKSPRES - Personel Gabungan disiapkan untuk amankan arus mudik Lebaran. Hari Lebaran tinggal menghitung hari. Sebagian masyarakat Indonesi sudah melakukan perjalanan menuju kampung halaman untuk bertemu keluarga dan saudara.

Hingga tidak dipungkiri, jalanan akan dipadati oleh kendaraan milik pemudik. Oleh karena itu, sejumlah 1.000 personel gabungan dari TNI-Polri, Satpol-PP, Dishub, dan instansi lainnya akan dipersiapkan untuk menjaga keamanan selama masa arus mudik Idul Fitri 2024.

Personel Gabungan Disiapkan untuk Amankan Arus Mudik 

"Untuk personil yang kami siapkan dari Polres Cianjur sendiri ada 700 personil, sementara bantuan dari Unsur TNI, Dinas Perhubungan, Satpol-PP, dan lainnya lebih kurang 300 personil. Jadi kurang lebih 1.000 personil disiapkan," ujar Kapolres Cianjur, AKBP Aszhari Kurniawan, dikutip dari Cianjur Ekspres, Rabu (3/4/2024). 

Ratusan personel gabungan tersebut telah disiapkan untuk menghadapi potensi gangguan terhadap ketertiban dan keamanan, seperti kemacetan, kecelakaan lalu lintas, dan situasi lainnya.

Selain itu, Aszhari menyebut bahwa mereka juga telah menyiapkan beberapa pos pengamanan di sepanjang rute yang dilewati oleh para pemudik.

BACA JUGA: Jasa Marga Berikan Diskon Tarif Tol Trans Jawa Selama Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024, Catat Tanggalnya!

BACA JUGA: Beli Tiket Pesawat untuk Mudik 2024: Tips dan Trik Mendapatkan Harga Terbaik!

Mereka menyiapkan satu pos terpadu, yaitu di TMC, lalu 14 pos pengamanan di sepanjang jalur dari arah Jakarta melalui Bogor, ataupun dari arah Jakarta ke Cianjur melalui Padalarang. Di Sukabumi sendiri, disiapkan 14 titik pengamanan. 

Selain itu, telah disiapkan 10 pos pelayanan di lokasi-lokasi wisata guna mengantisipasi lonjakan jumlah wisatawan selama libur Lebaran.

Beberapa daerah di wilayah Cianjur yang rentan terhadap kecelakaan lalu lintas antara lain Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Jalan Raya Bandung, dan juga termasuk Jalan Raya Cianjur-Sukabumi di Gekbrong.

"Jalan Raya Cianjur-Sukabumi di Gekbrong itu juga ada pengamanan di sana, nanti kita persiapkan personil untuk melakukan pengaturan lalulintas," kata Kapolres.

(ipa)

 

Berita Terkait