Nasional

Kampanye Gibran di Ambon Diduga Langgar Aturan

Ada dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan oleh cawapres nomor urut 2 GIbran Rakabuming Raka saat melakukan kampanye di Ambon, Maluku. (Dok Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Ada dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan oleh cawapres nomor urut 2 GIbran Rakabuming Raka saat melakukan kampanye di Ambon, Maluku. 

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Maluku menduga GIbran melanggar aturan karna bertemu dengan sejumlah Kepala Desa dari berbagai wilayah saat di Ambon. 

"Cawapres dengan nomor urut 2, itu langsung melakukan pertemuan dengan sejumlah kepala pemerintah negeri (KPN) dan kepala desa, baik dari Kota Ambon maupun Kabupaten Maluku Tengah di Swiss Bell Hotel. Dugaan awal itu kami menyatakan bahwa ini adalah pelanggaran saat kunjungan Cawapres Gibran di Maluku," kata Anggota Bawaslu Provinsi Maluku, Samsun Ninilouw.

Pelanggaran tersebut terlihat ketika keterlibatan perangkat-perangkat desa yang hadir dalam kampanye Gibran. 

Bawaslu mencatat ada 30 kelapa desa dari estimasi 100 orang yang turut hadir dalam kegiatan safari politik di Swiss-Behotel Ambon. 

Padahal dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 sudah mengatur tentang larangan tersebut.

"Terkait dengan kepala desa, kami menyatakan bahwa ini merupakan pelanggaran sekalipun ini belum final," ujar Samsun.

Samsun mengatakan, saat ini masih dalam proses pengkajian apakah ada sanksi pidana yang terpenuhi atau hanya persoalan administrasi yang perlu ditingkatkan. 

Samsul Mini Soccer 

Sebelumnya Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming pernah berkunjung ke Maluku pada tanggal 8 Januari 2013. 

Ada beberapa kejiatan yang dilakukan olehnya pada saat safari politik tersebut, mulai dari bertemu dengan raja-raja maluku hingga mini soccer di Lapangan Sepak Bola Matawaru. 

Pada saat main Bola Gibran menggunakan jersy yang bertuliskan 'Sambul'. Sebelumnya, jersey bernama 'Samsul' juga digunakan Gibran saat bermain futsal bareng gus-gus di Cirebon pada pekan lalu.

Dalam pertandingan tersebut, Gibran berperan sebagai penyerang dan mencetak 2 gol ke gawang yang jaga oleh selebriti Raffi Ahmad. 

Istri Gibran Selvi Amanda hingga selebran Awkarin juga turut menonton pertandingan tersebut.

Pertandingan tersebut rupanya menjadi salah satu dukungan Gibran terhadap Sepak Bola di Indonesia. 

 

"Kegiatan ini mencerminkan keseriusan Gibran bersama calon presidennya yakni Prabowo Subianto dalam menggali dan mempromosikan potensi olahraga nasional, sejalan dengan kampanyenya yang berfokus pada kemajuan dan kesejahteraan masyarakat menuju Indonesia Maju," ucap Gibran

Berita Terkait