Nasional

Kolam Retensi Margahayu yang Dibangun dengan Biaya Rp5,7 Miliar, untuk Solusi Banjir dengan Sentuhan ala Jepang

Kolam Retensi Margahayu
Kolam Retensi Margahayu Ilustrasi (freepik)

PASUNDAN EKSPRES - Kolam Retensi Margahayu, sebuah solusi banjir di Jawa Barat yang tak hanya fungsional, namun juga estetis. Dibangun dengan biaya Rp5,7 miliar, kolam ini menghadirkan nuansa area pinggiran sungai di Jepang, menjadikannya ruang publik yang indah dan bermanfaat.

Fungsi Utama: Menangkal Banjir

Dikenal sebagai "Kota Kembang", Bandung tak luput dari ancaman banjir di musim hujan. Kolam Retensi Margahayu hadir sebagai jawaban atas permasalahan ini. Dibangun di Komplek Margahayu Raya, Buahbatu, kolam ini memiliki fungsi utama menampung air hujan berlebih, sehingga dapat mengurangi risiko banjir di wilayah sekitar, khususnya Margahayu Raya dan Ciwastra.

Fasilitas Menarik ala Jepang

Lebih dari sekadar kolam penahan air, Kolam Retensi Margahayu menawarkan pesona estetika yang terinspirasi dari Jepang. Pengunjung dapat menikmati taman hijau yang tertata rapi, lengkap dengan jogging track dan area bermain anak. Tak hanya itu, desain kolam yang indah dan tertata rapi memberikan kesan asri dan nyaman, layaknya taman di Jepang.

BACA JUGA:Cara Membasmi Semut di Rumah Dijamin Enggak Datang Lagi, Semut Salahsatu Hama Dapur yang Mengganggu

Pembangunan dan Pemeliharaan

Pembangunan Kolam Retensi Margahayu telah rampung dan rencananya akan diresmikan pada Oktober 2024. Keberhasilan pembangunannya tak lepas dari koordinasi dan kerjasama antara pemerintah desa, aparat kewilayahan, dan kelompok masyarakat di RW 01 - 09 Kelurahan Sekejati. Pemeliharaan kolam pun akan terus dilakukan secara berkelanjutan untuk memastikan fungsinya optimal dalam jangka panjang.

Kolam Retensi Margahayu: Bukti Sinergi Estetika dan Fungsionalitas

Lebih dari sekadar kolam penahan air, Kolam Retensi Margahayu menjadi bukti sinergi antara estetika dan fungsionalitas. Kehadirannya tak hanya mampu menangkal banjir, namun juga menawarkan ruang publik yang indah dan nyaman bagi masyarakat. Kolam ini menjadi contoh nyata bagaimana infrastruktur dapat dirancang dengan memperhatikan keindahan dan manfaat bagi masyarakat.

BACA JUGA:Tips Desain Cerdas Walaupun Memiliki Hunian Nyaman dan Estetik di Lahan Sempit

Kolam Retensi Margahayu merupakan solusi inovatif untuk menanggulangi banjir di Jawa Barat. Dengan menggabungkan fungsi penahan air dan estetika ala Jepang, kolam ini menjadi contoh bagaimana infrastruktur dapat memberikan manfaat ganda bagi masyarakat. Keberhasilan pembangunannya menunjukkan pentingnya kerjasama dan koordinasi antar berbagai pihak dalam mewujudkan solusi yang efektif dan estetis untuk permasalahan banjir.

Berita Terkait