News

Covid-19: Varian Baru EG.2 dan EG.5, Apa Saja Gejalanya dan Apa yang Harus Diwaspadai?

Covid-19: Varian Baru EG.2 dan EG.5, Apa Saja Gejalanya dan Apa yang Harus Diwaspadai?
Sumber foto : JawaPos.com

PASUNDAN EKSPRES - Waspada! Covid-19 Mengintai lagi, Meningkatnya jumlah orang yang terjangkit virus corona baru di Indonesia menambah kecemasan masyarakat.

Beberapa gejala baru penyakit virus corona (Covid-19) juga membuat kita harus makin waspada dengan kondisi sekarang, salah satunya yaitu dengan tetap menggunakan masker. 

Karena terdapat varian baru yang menyebabkan lonjakan kasus virus corona di Indonesia dan perlu menjadi perhatian masyarakat. Pasalnya, peningkatan kasus Covid-19 yang terdeteksi sangat signifikan.

Terbukti  sepanjang November 2023, jumlah infeksi baru virus corona meningkat sekitar 7 hingga 40 orang per hari secara nasional. Sedangkan pada awal Desember 2023, angka tersebut melonjak menjadi 100 kasus per hari.

Meningkatnya angka infeksi virus corona baru (Covid-19) biasanya disebabkan oleh munculnya varian baru yang sebelumnya  ada di Indonesia yaitu varian XBB 1.5, namun kini muncul varian baru, yaitu EG 2 dan EG.5.

Masyarakat diimbau untuk lebih memperhatikan upaya pencegahan guna menghindari  penularan virus secara luas.

Termasuk waspada jika mengalami berbagai gejala yang mungkin mengarah pada infeksi COVID-19, antara lain:

1. Pilek

2. Sakit kepala

3. Kelelahan

4. Bersin

5. Sakit tenggorokan

Gejala lain yang mungkin terjadi :

1. Demam

2. Nyeri otot

3. Sesak napas

4. Mual dan muntah Diare

Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa ada varian XBB 1.5 dan EG 2/EG.5. Lebih mudah diperoleh bagi mereka yang sudah mendapat vaksinasi dan suntikan booster.

Sebab, varian tersebut mengalami mutasi yang mungkin membuatnya lebih kebal terhadap antibodi yang dihasilkan vaksin. Selain itu, varian XBB 1.5 dan EG 2/EG.5  dilaporkan menyebabkan gejala yang lebih parah pada orang dengan kondisi medis penyerta seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Oleh karena itu, penting untuk tetap mewaspadai gejala COVID-19, meskipun Anda telah menerima vaksinasi atau suntikan booster.

Jika Anda mengalami salah satu gejala di atas, segera lakukan tes Covid-19 untuk memastikan diagnosisnya. Berikut ini ada beberapa tips untuk mencegah tertular Covid-19 varian XBB 1.5, subvarian EG 2/EG.5 :

1. Dapatkan vaksinasi dan suntikan booster

2. Memakai masker secara teratur terutama di tempat umum 

3. Menjaga jarak dengan orang lain

4. Mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir atau hand sanitizer

Hindari menyentuh wajah Dengan menerapkan Tindakan pencegahan di atas, Anda  melindungi diri sendiri dan orang di sekitar Anda dari varian Covid-19  XBB 1.5, EG 2/EG.

 

Berita Terkait