News

Ponpes Magetan Lakukan Sholat Terawih Terlama di Indonesia, Baca 30 Juz Al-Qur'an

ponpes magetan
Ponpes Magetan Lakukan Sholat Terawih Terlama di Indonesia, Baca 30 Juz Al-Qur'an (Dok tangkapan layar Instagram @folkshitt)

PASUNDAN EKSPRES - Sholat Terawih Terlama di Indonesia saat ini dilakukan oleh Pondok Pesantren Magetan yang viral karna melakukan sholat terawih dnegan membaca 30 juz Al-Qur'an. 

Dengan membaca Al-qur'an 30 Juz hingga memakan waktu 8 jam lamanya dalam pelaksanakaan sholat terawaih tersebut. 

Sholat terawih di Ponpes Magetan tersebut dimulai setelah melakukan sholat isya, sekitar pukul 19.00 dan berakhir pada pukul 03.00. 

Pada waktu berakhirnya sholat tersebut yang menandakan waktunya melaksanakan sahur, jika kita hitung sholat terawih tersebut memakan 8 jam lamanya. 

 

BACA JUGA:Polisi Tetapkan 7 Tersangka Atas Kasus Peredaran Narkoba di Kampung Bahari

 

Atas kejadian tersebut, banyak netizen yang membagikan mengenai Sholat Terawih Terlama di Indonesia

Selain itu video yang dibagikan oleh akun Instagram @folkshitt yang memperlihatkan tempat para jamaah tersebut dengan tulisan "tempat terawih 30 juz markaz"

Tempat Sholat terawih tersebut di kelilingi oleh tirai hijau yang merupaka tempat khusus untuk sholat terawih 30 juz. 

Dalam video tersebut memperlihatkan para jamaah yang berada disana sangat khusu melakukan sholat terawih tersebut meskipun sholatnya cukup lama. 

Sekedar Informasi, Sholat Terawih Terlama di Indonesia bukan dilihat dari banyak rokaat yang mereka lakukan. melainkan karna bacaan suratnya yang banyak. 

Selain itu, Sholat terawih umumnya 20 rokaat dengan 3 rakaat witir. Bahkan di Ponpes Al-Falah magetan juga melakukan sholat terawih dengan 20 rakaat dan 3 rakaat witir. 

 

BACA JUGA:Update Terbaru dari BKN!, Cara Cek Informasi Honorer yang Terdaftar dalam Pendataan Non ASN 2022 yang Akan Diangkat Menjadi PPPK Tahun 2024

 

Artinya bacaan suranya bisa mencapai 1-2 juz per-rokaatnya, selain itu panjang dari ayat satu ke ayat lainnya menjadi salah satu faktor utamanya. 

Dilakukannya Sholat Terawih Terlama di Indonesia ini untuk melakukan murajaah dalam melaksanakan sholat. 

Salah satu netizen yang pernah melakukan Sholat Terawih Terlama di Indonesia mengungkapkan bahwa hal tersebut benar adanya. 

"Aku pernah ikut teraweh ke sana 2 tahun yang Lalu, cuman semalam saja, jadi prakteknya itu Shalat Isya tepat ketika Azan, kemudian mereka Tarawih dimulai jam setengah 8 malam, selesainya jam setengah 4 pagi atau jam 4 lewat sedikit, satu raka'at dibaca 1 juz setengah, total 2 raka'at nya 3 juz. Adapun imamnya itu ada 4 orang yang memang hapalannya luar biasa lancar. Untuk pembagian imamnya per 4 rokaat bang, jadi setiap 4 rokaat itu dapat 6 juz, dan Ma Sya'a Allah mereka sangat pas baik makhroj dan bacaannya, karena mereka memang tiap tahun setoran Kubro (menyetor hapalan Al Qur'an 30 Juz dalam sekali duduk)," tulis akun @heier_king dalam komentara instagram @folkshitt

Berita Terkait