News

TPS di Subang yang Masuk Kategori Rawan Bencana Alam, Sudah Siap Siaga Langkah Antisipasinya

TPS di Subang yang Masuk Kategori Rawan Bencana Alam, Sudah Siap Siaga Langkah Antisipasinya
Sumber foto : Subang Update

PASUNDAN EKSPRES - Pesta demokrasi 5 tahunan semakin dekat.Berbagai persiapan dan tahapan dilakukan  penyelenggara pemilu. Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga sedang melaksanakan proses mitigasi di Kabupaten Subang.

Sekretaris KPU Subang Andi Rosadi mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Forkopimda Subang untuk mengantisipasi bencana alam di lokasi TPS tempat pemilu 2024.

Melansir dari detik jabar 

"Kami akan mengantisipasi saat pemilu berlangsung dan kondisi TPS yang terkena bencana banjir kayak di Pamanukan untuk dipindahkan ke tempat yang lebih aman seperti contohnya di kantor kecamatan," Ungkap Andi di Subang, Selasa (19/12/2023).

Andi mengatakan, ada beberapa daerah yang pasti rawan bencana saat proses pemilu, seperti  wilayah Subang Utara, lebih spesifiknya di Pamanukan, dan wilayah hamparan laut utara Subang.

"Ada beberapa TPS memang yang rentan sekali terkena bencana alam seperti banjir, atau banjir rob juga. Itu ada di wilayah kayak Pamanukan dan Legonkulon," katanya.

Berbagai bahan logistik untuk pemilu juga sudah tiba. KPU Subang telah menerimajutaan lembar lebih surat suara pemilu DPRD Kabupaten Subang. Sebelumnya, KPU Subang juga menerima logistik perlengkapan pemilu, dan alat kelengkapan pemilu seperti kotak suara dan paku pemilih.

"Hari ini kita dapat logistik surat suara untuk pemilihan DPRD Kabupaten. Surat suara telah kami terima. Ini merupakan tahapan kedua kami menerima logistik untuk keperluan pemilu 2024 mendatang," Ujarnya.

Rencananya KPU Subang akan menyortir dan melipat semua jenis surat suara begitu tiba. Perakitan kotak suara pun akan dilakukan apabila kertas suara sudah selesai dilakukan pelipatan.

"Kami sudah menyiapkan beberapa gudang untuk penyimpanan logistik keperluan pemilu nanti. Gudang yang kami siapkan ini tentu aman tidak ada kebocoran serta bebas dari serangga kayak rayap yang bisa membuat rusak alat untuk kepentingan pemilu nantinya," Kata Andi.

Berita Terkait