Mencicipi Lezatnya Durian Masmuar di Bunihayu Subang, Manis Legit dan Lumer di Mulut

Huba - 22 Januari 2024, 08:38WIB
PILIHAN: Owner Fresh Fruit Stall saat melayani pembeli durian yang sedang memilih-milih buah durian. CINDY DESITA PUTRI/PASUNDAN EKSPRES.

Siapa yang tidak mengenal buah dirian? Rasa buah durian yang dikenal manis, legit dan lumer dimulut membuat durian sering disebut rajanya buah. 

Bertepatan dengan musim panen durian, hampir sepanjang jalan Desa Bunihahu Kecamatan Jalancagak Kabupaten Subang, banyak masyarakat menjajakan durian di pinggir jalan. Tentunya ini menjadi berkah bagi penjual maupun petani durian. 

Desa Bunihayu yang dinobatkan sebagai kampung durian itu belakangan tak pernah sepi pengunjung. Pengunjung yang datang biasanya wisatawan dan para penikmat durian. 

Memasuki jalan perkampungan, pandangan wisatawan akan langsung tertuju ke lapak durian 'Fresh Fruit Stall'. Tak sedikit buah durian digantungkan diantara lapak, di meja, atau bahkan menumpuk di teras lapak. 

Salah satu wisatawan asal Jakarta, Lazurdi yang merupakan penikmat durian pun, menghampiri lapak Fresh Fruit Stall dan tak tanggung memborong buah dengan kulit berduri tersebut. 

"Ini saya beli gak nanggung langung beli 20 buah, kebetulan saya dan keluarga memang pecinta durian jadi kami sering berburu durian," ujarnya saat diwawancara Pasundan Ekspres. 

Ia mengatakan, dari segi rasa dan warna durian Bunihayu berbeda dengan durian pada umumnya. Menurutnya, durian tersebut memiliki rasa creamy, dengan warna daging buah yang kekuningan. 

"Tadi pas saya coba rasa duriannya creamy, lembut, enak, terus manis tapi gak menyisa ditenggorokan manisnya, dan ini warna buahnya juga cakep kuning mengkilat," kata Lazurdi. 

Sementara itu, owner Fresh Fruit Stall Suparman mengatakan, durian-durian yang ditawarkan dilapaknya sebagian besar hasil panen petani desa setempat seperti durian Masmuar/Cane. 

"Di sini memang khasnya durian masmuar atau cane, karena di Bunihayu banyak petani yang menanam durian jenis ini dan durian masmuar ini adalah salah satu variates durian dari Malaysia," kata Suparman. 

Bagi pembeli yang tak puas dengan hanya mencicipi durian masmuar/cane, pembeli bisa memilih ragam rasa jenis durian lainnya seperti durian lokal, bawor, musangking, dan durian premium. 

Durian di lapak milik Suparman ini dibanderol mulai dari harga Rp70.000 sampai Rp135.000 perkilogram, tergantung jenis dan kulaitas buah durian.(cdp/ery) 

Berita Terkait

Pasundan Ekspres