News

16 Pendaki yang Tersesat di Gunung Gede Pangrango Berhasil Ditemukan, Ternyata Ini Tujuannya

16 Pendaki yang Tersesat di Gunung Gede Pangrango Berhasil Ditemukan, Ternyata Ini Tujuannya
Sebanyak 16 pendaki yang tersesat di Gunung Gede Pangrango berhasil ditemukan dalam keadaan selamat pada Senin, 29 Januari 2024. (Dok Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Sebanyak 16 pendaki yang tersesat di Gunung Gede Pangrango berhasil ditemukan dalam keadaan selamat pada Senin, 29 Januari 2024.

Diketahui, 16 pendaki dilaporkan tersesat di Gunung Gede Pangrango, Kab. Bogor pada Minggu malam, 28 Januari 2024 setelah mereka dikabarkan naik ke gunung tersebut pada Sabtu, 27 Januari 2024.

Kabar terbaru menyebutkan seluruh pendaki berhasil ditemukan dalam kondisi selamat dan sehat oleh Tim SAR pada Senin, 29 Januari 2024 pukul 09.00 WIB.

Meski ditemukan dalam kondisi selamat, 2 pendaki mengalami kaki terkilir dan beberapa mengalami kelelahan.

16 pendaki yang ditemukan itu terdiri dari 13 orang dewasa dan 3 anak-anak.

Namun, diketahui pendaki yang tersesat tersebut adalah para peziarah lokal yang pergi ke Gunung Gede Pangrango untuk berziarah yang menjadi kebiasaan menurut kepercayaan mereka.

Para peziarah lokal ini mendaki Gunung Gede Pangrango dengan tujuan mencari mustika di Curug Jambe.

Menurut keterangan Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Sapto Aji Prabowo, para peziarah lokal itu mendaki melalui jalur ilegal dan baru ditemukan di wilayah Blok Pasir Pogor.

"Masuknya lewat Kulah Dua Cibedug, Kabupaten Bogor. Itu bukan jalur biasa, bukan jalur pendakian resmi. Ditemukan di Blok Pasir Pogor," ucap Sapto dalam keterangannya pada Senin, 29 Januari 2024.

Sapto Aji pun menjelaskan bahwa jalur pendakian ke Gunung Gede Pangrango sementara waktu ditutup selama 3 bulan sejak 31 Desember 2023 hingga 31 Maret 2024 sebab ada pemulihan ekosistem kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. (inm)

Berita Terkait