News

Baznas Subang Bangun Balai Ternak di Lahan Seluas Dua Hektare

PEMBERDAYAAN EKONOMI: Pembangunan Balai ternak Baznas di Desa Belendung Kecamatan Cibogo. YUGO EROSPRI/PASUNDAN EKSPRES

SUBANG-Peternak Desa Belendung Kecamatan Cibogo gembira. Alasannya di areal lahan bengkok seluas 2 hektare, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membangun Balai Ternak.

Program yang bertujuan untuk pemberdayaan ekonomi bagi peternak tersebut, melibatkan peternak 25 peternak sekitar.

Dengan anggaran Rp598 jutaan, Balai Ternak tersebut berisi fasilitas kandang, area pakan, dan area petermuan.

Pendamping Balai Ternak BAZNAS, Ryan Sevian mengatakan, sudah dari tanggal 8 Januari 2024 pembangunan dimulai. Pembangunan tersebut ditargetkan bisa selesai di bulan Februari 2024.

Program tersebut dilakukan dalam rangka pemberdayaan ekonomi bagi peternak sekitar. Adapun ternak yang dipilih adalah kambing dan domba.

"Kita targetkan pembangunan ini, bisa diresmikan pada tanggal 21 Februari 2024 " ujarnya kepada Pasundan Ekspres, Selasa (16/1).

Ia mengatakan, untuk pengadaan ternak berasal dari para peternak sekitar dengan jumlah 209 ekor. Nantinya akan ada perputaran ekonomi dari masyarakat ke peternak.

Dengan memanfaatkan lahan bengkok Desa Belendung, pada tahun pertama pihak desa akan mengratiskan lahan tersebut untuk kelompok ternak. Barulah tahun kedua dan seterusnya akan ada sistem sewa lahan.

"Pihak desa meminjam kan sementara, yang nantinya ketika sudah berjalan dengan baik akan ada sistem sewa lahan " katanya.

Ryan menambahkan, dalam program tersebut hasil dari transaksional ternak ke depannya, para peternak akan menginfaqan hasil penjualan domba dan kambing mereka ke Baznas Subang. Ataupun jika tingkat kesejahteraan peternak sudah baik maka akan timbul zakat ternak ke depannya.

"Hasil dari penjualan ternak ke depannya akan diinfaqan ke Baznas," tukasnya.

Sementara itu, salah satu peternak Ade (53) mengatakan, program dari Baznas sangat bagus, karena memberdayakan para peternak sekitarnya.

Ia berharap, dengan adanya Balai Ternak akan banyak pembeli sehingga peternakan domba dan kambing di Cibogo menjadi lebih baik. "Harapan kami para peternak seperti itu," pungkasnya.(ygo/ysp)

Tag :

Berita Terkait