News

Ridwan Kamil Dilaporkan Ke Bawaslu Diduga Lakukan Kampanye Terselubung

Ridwan Kamil Dilaporkan Ke Bawaslu Diduga Lakukan Kampanye Terselubung saat hadiri acara Jambore Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Kabupaten Tasikmalaya karna menggunakan atribur nomor urut 2. (Dok Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Ridwan Kamil Dilaporkan Ke Bawaslu Diduga Lakukan Kampanye Terselubung saat hadiri acara Jambore Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Kabupaten Tasikmalaya karna menggunakan atribur nomor urut 2. 

Hal tersebut dilaporkan oleh PDIP Jawa Barat terkait dugaan pelanggaran aturan kampanye. 

Dalam sebuah video yang beredar, Naga Sentana, anggota Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat (BBHAR) PDI Perjuangan Jabar, menjelaskan bahwa Ridwan Kamil menggunakan atribut yang khas dari calon presiden nomor urut 2 dan diduga melakukan kampanye. Hal ini menjadi perhatian karena seharusnya aparat desa diharapkan tidak memihak dalam kontestasi Pilpres 2024.

"Beredarnya aksi RK di acara Jambore BPD Kabupaten Tasikmalaya menimbulkan persepsi negatif. Kampanye RK yang hari ini merupakan Ketua TKD 02 Jabar karena melibatkan BPD di Tasikmalaya, dapat diindikasikan RK berkampanye bersama BPD yang seharusnya bersikap netral dalam pemilu," ujar Naga

Atas beredarnya video tersebut, PDIP Jabar melalui BBHAR memutuskan untuk membuat laporan ke Bawaslu, untuk menulusuri dugaan pelanggaran tersebut. 

"Jika dianggap hal tersebut dapat dikategorikan sebagai pelanggaran pemilu, agar segera dapat ditindak sesuai aturan yang berlaku," tegasnya.

Syaiful menjelaskan, Bawaslu akan mengkaji lebih dulu mengenai laporan tersebut. 

"Punya waktu dua hari melakukan kajian dan memperjelas status laporan, jika unsur formil tidak masuk, materil masuk, kita akan komunikasi ke pelapor untuk melengkapi laporannya," ungkapnya.

Namun jika laporan itu dinyatakan memenuhi unsur formil dan materil, Syaiful menegaskan akan menaikkan status laporan menjadi teregister. Pada status ini, Bawaslu berhak meminta klarifikasi dan memanggil yang bersangkutan.

"Tapi kalau lengkap tentunya memenuhi unsur formil dan materil, Bawaslu akan menaikkan statusnya di register dan klarifikasi. Penanganan pelanggaran intinya setelah diregister 7+7 hari untuk mengklarifikasi, memanggil ahli segala macam," ujarnya.

Laporan tersebut dilakukan berdasarkan video yang memperlihatkan mantan Gubernut Jawa Barat tersebut menggunakan jaket berwarna biru muda, warna yang identik dengan pasangan Prabowo-Gibran. 

Dalam video dengan durasi 1,28 menit, yang memperlihatkan Kang Emil sapaan akrabnya mengajak penonton untuk berjoget dan memberikan sesuatu dari saku celana. 

Ridwan Kamil Dukung Prabowo 

Faktanya bahwa Ridwan Kamil memang mendukung capres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 

Menurut pengamat Politik Univeristas Dian Nusantara Tamil Selvan mengatakan Ridwan Kamil mempunyai magnet kuat di masyarakat Jabar. 

“Saya lihat bahwa sosok Ridwan Kamil nih sebagai magnet utama elektoral Prabowo,” kata Tamil

Sein dari faktor Ridwan Kamil, Prabowo juga sangat kuat di wilayah Jabar. Salah satunya adalah memberikan air bersih kesejumlah wilayah jabar. 

Dampaknya terlihat dari tingginya tingkat popularitas Prabowo dan pasangannya, yaitu Gibran Rakabuming Raka, di Jawa Barat.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Indikator Politik Indonesia (IPI) pada periode 23-24 Desember, elektabilitas Prabowo-Gibran mencapai 58,5 persen.

Berita Terkait