News

Abdee Slank Mundur dari Komisaris Telkom, Staf Khusus Menteri BUMN Angkat Bicara

Abdee Slank Mundur dari Komisaris Telkom, Staf Khusus Menteri BUMN Angkat Bicara
Staf Khusus Menteri BUMN angkat bicara terkait mundurnya Abdee Slank sebagai Komisaris PT Telkom Indonesia. (Dok Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Staf Khusus Menteri BUMN angkat bicara terkait mundurnya Abdee Slank sebagai Komisaris PT Telkom Indonesia.

Arya Sinulinga yang merupakan Staf Khusus Menteri BUMN mengatakan pihaknya telah menerima surat pengunduran diri Abdee sejak 19 Januari 2024 serta Menteri BUMN Erick Thohir telah menerima informasi tersebut.

"Hari Jumat yang lalu Pak Erick disampaikan oleh Abdee bahwa sudah ngajuin surat pengunduran diri hari Jumat," ucap Arya dalam keterangannya pada Senin (22/1).

Stafsus Menteri BUMN itu mengatakan alasan pengunduran gitaris band Slank itu karena Abdee telah menyatakan dukungannya kepada paslon Ganjar-Mahfud dan ikut aktif berkampanye, sehingga ia harus mengundurkan dari jabatannya sebagai Komisaris Independen Telkom.

Hal itu sesuai dengan ketentuan dalam Surat Edaran (SE) Nomor S-560/S.MBU/10/2023 tentang Keterlibatan Direksi, Dewan Komisaris/Dewan Pengawas dan Karyawan Grup Badan Usaha Milik Negara pada Penyelenggaraan Pemilihan Umum, Pemilihan Kepala Daerah, dan/atau sebagai Pengurus Partai Politik atau Pejabat Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. 

Surat edaran yang diterbitkan pada 27 Oktober 2023 tersebut mengacu pada Undang-Undang (UU) Pemilu dan UU Pemilihan Kepala Daerah.

Arya menyebut, kondisi Abdee Slank berbeda dengan Said Aqil Siroj yang menjabat sebagai Komisaris Utama PT KAI (Persero) dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang menjabat sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero).

"Kalau Pak Abdee itu kan dia aktif kampanye, kalau Pak Said kan enggak (kampanye), dia hanya menyatakan dukung. Pak Ahok juga begitu, hanya menyatakan mendukung, tidak ada kampanye kan. Kalau dia mulai kampanye, ya harus mengundurkan diri," ujar Arya.

Diketahui, Abdi Negara Nurdian atau Abdee Slank telah mengundurkan diri dari jabatan Komisaris Independen PT Telkom Indonesia.

Hal ini karena band Slank telah menyatakan dukungannya kepada pasangan calon (paslon) nomor 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD pada Sabtu (20/1).

Slank juga tampil dalam kampanye akbar Ganjar-Mahfud pada Minggu (21/1) di Bandung, Jawa Barat. (inm)

Berita Terkait