News

Pemcam Cipunagara Latih 100 Anggota Linmas Desa

DADAN RAMDAN/PASUNDAN EKSPRES  LATIHAN: Anggota Linmas Desa di Kecamatan Cipunagara saat mengikuti praktek lapangan atau di luar kelas pada kegiatan pelatihan kapasitas anggota Linmas seKecamatan Cipunagara, Senin-Rabu (20-22/5).
DADAN RAMDAN/PASUNDAN EKSPRES LATIHAN: Anggota Linmas Desa di Kecamatan Cipunagara saat mengikuti praktek lapangan atau di luar kelas pada kegiatan pelatihan kapasitas anggota Linmas seKecamatan Cipunagara, Senin-Rabu (20-22/5).

SUBANG-Peningkatan sumber daya manusia (SDM) akan membawa dampak terhadap peningkatan kinerja dan kapasitas perangkat pemerintahan desa. 

Untuk itu Pemerintah Kecamatan Cipunagara mengadakan kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas anggota Linmas Desa. Kegiatan berlangsung selama tiga hari sejak Senin hingga Rabu ini (20-22/5).

Kesie Trantib Kecamatan Cipunagara Medi  menyampaikan, dari 100 orang anggota Linmas Desa itu, adalah utusan dari 10 desa seKecamatan Cipunagara, masing masing desa sebanyak 10.orang.

Kegiatan itu bertujuan untuk memberikan pengetahuan tambahan seputar tugas pokok dan fungsi Linmas di desa. Dalam.upaya mendukung roda  pemerintahan desa serta program program yang berkaitan dengan perlindungan kepada masyarakat, keamanan dan ketertiban umum.

"Orang itu kan perlu dilatih, diberi pengetahuan tambahan. Kalau terlatih kan jadi paham saat bertugas di lapangan," kata Medi.

Adapun materi yang disampaikan pada pelatihan itu berupa teori di kelas tentang tupoksi linmas,  kamtibmas,  wasbang (wawasan kebangsaan).

Selanjutnya ada kegiatan praktek  lapangan seperti latihan fisik,  PBB, simulasi pengaturan lalin dan pelatihan seputar kamtibmas.

"Teori dan praktek kita padukan, biar paham betul saat bertugas nanti di desanya masing masing," tuturnya.

Kasatgas Desa Jati Erik yang turut mendampingi anggota Linmas nya merasa bersyukur anggota Linmas Desa Jati bisa ikut pelatihan ini. Dengan pelatihan ini diharapkan anggotanya  akan semakin sigap, semangat saat mengawal dan membantu tugas tugas kepolisian dan TNI dalam upaya pengamanan perlindungan masyarakat utamanya di lingkungan pemerintahan desa. 

Nara sumber dari kegiatan Limas itu dari unsur TNI/Polri dan Dinas Satpoldam Kabupaten Subang.(dan).

Tag :

Berita Terkait