News

Jadwal Pendaftaran UTBK-SNBT 2024 bagi Peserta yang Tidak Lulus SNBP, Harap Diperhatikan!

Jadwal Pendaftaran UTBK-SNBT 2024
Foto ilustrasi via Screenshot Freepik

PASUNDAN EKSPRES - Proses pendaftaran untuk Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) 2024 telah dimulai sejak Kamis, 21 Maret 2024.

Namun, peserta kelas 12 yang memenuhi syarat dan sedang mengikuti SNBP 2024 tidak dapat mendaftar pada periode tersebut.

 

BACA JUGA:Cara Memeriksa Pengumuman SNBP 2024, Temukan di Sini!
 

Peserta SNBP 2024 baru dapat melakukan pendaftaran UTBK-SNBT pada hari Selasa, 26 Maret 2024, pukul 15.00 WIB, bersamaan dengan pengumuman hasil seleksi. Prof. Rina Indiastuti, Wakil Ketua I Tim Penanggung Jawab Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), menjelaskan bahwa langkah ini merupakan penyesuaian baru dalam proses pendaftaran.

 

Tujuannya adalah untuk menghindari kebingungan terkait pendaftaran ulang dan mematuhi peraturan terbaru yang berlaku dalam SNBT 2024.

 

Meskipun begitu, peserta SNBP diharapkan tidak perlu khawatir, karena mereka akan tetap mendapatkan kesempatan untuk mengikuti UTBK-SNBT 2024 asalkan mendaftar.

 

Keputusan ini juga bertujuan untuk melindungi peserta dari kewajiban membayar biaya pendaftaran UTBK-SNBT sebelum mengetahui hasil kelulusan SNBP.

 

Rina juga menekankan pentingnya agar peserta tidak menunggu hingga hari terakhir pendaftaran, yaitu tanggal 5 April 2024 pukul 15.00 WIB.

 

Rina mengingatkan, "Jangan menunggu hingga tanggal 5 nanti karena sistem akan sibuk dan memerlukan waktu, terutama karena proses pembayaran. Selain itu, meminta dispensasi setelah melewati batas waktu pendaftaran tidak diperbolehkan dan tidak akan dapat diproses" Seperti yang dihimpun dari YouTube SNPMB BPPP

 

Jadwal Pendaftaran UTBK-SNBT 2024 bagi Peserta SNBP

 

Meskipun peserta SNBP memulai proses pendaftaran pada tanggal yang berbeda, seluruh tahapan seleksi dan proses pendaftaran tetap sama dengan peserta lainnya. Pendaftaran UTBK-SNBT 2024 dilakukan secara daring melalui Portal SNPMB di laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/, dengan jadwal sebagai berikut:

 

  • Pendaftaran UTBK-SNBT: 26 Maret pukul 15.00 WIB - 5 April 2024 pukul 15.00 WIB

  • Pelaksanaan UTBK gelombang 1: 30 April dan 2-7 Mei 2024
  • Pelaksanaan UTBK gelombang 2: 14-20 Mei 2024

  • Pengumuman hasil SNBT: 13 Juni 2024

  • Masa unduh sertifikat UTBK: 17 Juni-31 Juli 2024

 

Prosedur Pendaftaran SNBT 2024

 

1. Login ke portal SNPMB: Buka Portal SNPMB dan masuk menggunakan akun SNPMB yang sudah didaftarkan sebelumnya.

 

2. Lengkapi biodata: Isi dan lengkapi informasi pribadi, unggah pasfoto terbaru berwarna, dan verifikasi seluruh data yang dimasukkan. Peserta yang memiliki kebutaan dapat mengunduh dan mengunggah kembali surat pernyataan kebutaan yang sudah disediakan.

 

3. Pilih program studi: Pilih program studi yang diminati.

Peserta SNBT 2024 dapat memilih hingga empat program studi dengan kriteria yang berlaku.

 

4. Unggah Portofolio: Bagi peserta yang memilih program studi seni dan olahraga, wajib mengunggah portofolio sesuai dengan persyaratan yang ditentukan.

 

5. Pilih Pusat UTBK: Disarankan untuk memilih pusat UTBK yang terdekat dengan tempat tinggal. Informasi mengenai seluruh pusat UTBK dapat dilihat di sini.

 

6. Lakukan Pembayaran: Biaya pendaftaran UTBK-SNBT 2024 harus dibayarkan dalam jangka waktu yang ditentukan menggunakan kode pembayaran yang tersedia sebesar Rp 200 ribu.

 

7. Unduh kartu peserta UTBK-SNBT: Proses terakhir adalah mengunduh kartu peserta, yang harus disimpan dengan baik untuk digunakan pada saat pelaksanaan ujian dan pendaftaran ulang SNBT 2024.

 

Demikianlah informasi mengenai jadwal pendaftaran SNBT 2024 bagi peserta yang tidak lolos SNBP. Selamat mendaftar!

 

(hil/hil)

Tag :

Berita Terkait