News

Libur Lebaran Hampir Berakhir! Ini Tips Aman dan Nyaman Selama Arus Balik Mudik Lebaran 2024

Libur Lebaran Hampir Berakhir! Ini Tips Aman dan Nyaman Selama Arus Balik Mudik Lebaran 2024
Tips aman dan nyaman selama arus balik mudik Lebaran 2024. (dok istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Simak selengkapnya informasi mengenai tips aman dan nyaman selama arus balik mudik Lebaran 2024.

Libur Lebaran hampir berakhir sehingga sebagian masyarakat sudah melaksanakan perjalanan arus balik mudik untuk kembali menjalankan aktivitas seperti biasanya di daerah masing-masing.

Namun, melakukan perjalanan balik tentunya harus mempunyai banyak persiapan sebab Anda pasti banyak membawa barang bawaan, terutama oleh-oleh dari sanak keluarga Anda.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kondisi kesehatan dan kondisi kendaraan sebelum pulang ke daerah masing-masing.

Hal ini agar Anda dan keluarga Anda tetap aman dan nyaman selama melakukan perjalanan arus balik mudik Lebaran 2024.

Berikut tips aman dan nyaman selama arus balik mudik Lebaran 2024.

1. Menentukan Tanggal Balik Mudik

Hal pertama yang harus Anda persiapkan sebelum pulang mudik adalah menentukan tanggal balik mudik.

Pemerintah menganjurkan untuk para pemudik yang ingin balik ke daerahnya masing-masing agar pulang lebih akhir untuk menghindari puncak arus balik yang menimbulkan kemacetan panjang.

Namun, jika Anda ingin pulang lebih awal, tetap berhati-hati di jalan dan selalu memantau perkembangan arus balik mudik melalui sosial media.

2. Periksa Kembali Kondisi Kendaraan

Sama halnya dengan persiapan mudik, sebelum melakukan perjalanan balik, Anda harus memeriksakan kembali kondisi kendaraan pribadi Anda.

Pastikan kondisi kendaraan selalu dalam keadaan layak, mulai dari mesin, oli, bahan bakar, rem, dan berbagai komponen penting lainnya untuk menghindari kendaraan mogok di tengah perjalanan.

3. Menjaga Kondisi Kesehatan

Hal utama yang harus diperhatikan sebelum Anda pulang ke daerah masing-masing adalah menjaga kondisi kesehatan dengan istirahat yang cukup dan makan yang teratur.

Hal ini karena melakukan perjalanan balik memang cukup melelahkan sebab harus menempuh jarak yang jauh dan waktu cukup lama.

Apabila Anda mengalami kelelahan, sempatkan untuk beristirahat di rest area agar Anda bisa kembali fokus untuk melanjutkan perjalanan balik.

4. Menyiapkan Gadget

Apabila Anda ingin melakukan perjalanan balik lebih awal, sebaiknya Anda harus menyiapkan gadget seperti smartphone untuk mengecek GPS atau info terkini mengenai arus balik.

Hal ini untuk mengetahui titik kemacetan selama perjalanan balik agar Anda bisa mencari jalur alternatif untuk menghindari kemacetan.

5. Membawa Barang Bawaan Secukupnya

Barang bawaan Anda selama perjalanan balik pasti akan bertambah sebab biasanya pemudik akan membawa oleh-oleh dari sanak keluarga untuk dibawa ke rumah.

Sebaiknya atur barang bawaan seefisien mungkin agar lebih aman dan nyaman selama perjalanan balik.

 

Itulah tips aman dan nyaman selama arus balik mudik Lebaran 2024. (inm)

Berita Terkait