News

Jembatan Cipendawa Kota Bekasi Amblas Gara-Gara Baut Banyak Dicuri

Jembatan Cipendawa Kota Bekasi Amblas Gara-Gara Baut Banyak Dicuri
Jembatan Cipendawa Kota Bekasi mengalami amblas pada Jumat, 26 Januari 2024. (Sumber: Instagram @bmsdakotabekasi)

PASUNDAN EKSPRES - Jembatan Cipendawa yang berada di ruas Jalan Cipendawa arah Bantargebang, Kota Bekasi mengalami amblas pada Jumat, 26 Januari 2024.

Jembatan Cipendawa mengalami amblas sedalam 10 centimeter yang diakibatkan banyak baut jembatan yang hilang dicuri. 

Menurut keterangan dari Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMS) Kota Bekasi, pencurian baut tersebut mengakibatkan struktur balok baja mengalami deformasi dan lantai jembatan menjadi amblas.

"Dari hasil inspeksi pada abutment jembatan tersebut, diketahui bahwa banyak baut baja yang hilang maupun terpotong secara sengaja, yang mengakibatkan struktur balok baja pengaku (stiffener) mengalami deformasi dan mengakibatkan amblasnya lantai jembatan," tulis keterangan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Bekasi lewat akun Instagram @bmsdakotabekasi pada 26 Januari 2024.

Dari inspeksi yang dilakukan, sebanyak 72 baut yang terpasang sebagai penyambung jembatan hilang dicuri yang tentunya hal ini membahayakan pengguna jalan. 

Akibat amblasnya jembatan ini, Jembatan Cipendawa ditutup sementara dan dilakukan rekayasa lalu lintas contraflow. 

Perbaikan jembatan pun dilakukan oleh Tim URC Bidang Bina Marga Pemkot Bekasi pada Selasa, 30 Januari 2024.

"Saat ini sedang dilakukan pembongkaran lapisan aspal dan pelat lantai jembatan serta penyesuaian elevasi dari balok baja stiffner-nya untuk kemudian dilakukan penguncian dengan baut dan pengelasan kembali," tulis BMSDA Kota Bekasi dalam akun Instagramnya.

Perbaikan Jembatan Cipendawa ditargetkan dapat selesai dalam waktu 3 minggu. (inm)

Berita Terkait