News

Disnakeswan Kabupaten Subang Pastikan Kesehatan Hewan Kurban

Disnakeswan Subang
PEMERIKSAAN HEWAN: Petugas Disnakeswan Subang saat melakukan pemeriksaan hewan kurban. CINDY DESITA PUTRI/PASUNDAN EKSPRES

SUBANG-Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Subang melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban agar benar-benar kondisinya sehat dan layak dikonsumsi masyarakat.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Disnakeswan Subang, drh. Erlinawati Pasaribu menyampaikan, tim pemeriksaan kesehatan hewan mendatangi peternak hewan kurban menjelang Idul Adha 2024 untuk mengetahui kondisi kesehatan hewan ternak tersebut.

“Untuk saat ini kami sudah melakukan pemeriksaan di lapangan dan monitoring kedatangan hewan, karena lalu lintas kedatangan ternak ke Kabupaten Subang terbilang tinggi untuk saat ini,” terangnya, kepada Pasundan Ekspres, Senin (3/6).

Dia mengatakan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan di tiap-tiap wilayah Kabupaten Subang dan di beberapa Puskesmas Hewan dengan mengerahkan petugas.

“Jadi kami sudah mengarahkan petugas-petugas untuk melakukan pemeriksaan ternak-ternak yang datang ke Kabupaten Subang terutama yang diperuntukan untuk hewan kurban,” kata drh. Erlinawati.

Saat ini, lanjut Erlinawati, pemeriksaan hewan kurban di Kabupaten Subang bekerjsama dengan Balai Veteriner dan PDHI Jabar 8 (Purwakarta, Subang, Karawang).

Dia menjelaskan,  saat ini pemeriksaan hewan kurban masih berjalan, dan target pemeriksaan mendekati jumlah hewan qurban tahun lalu yakni 4.712 sapi, domba dan kambing sekitar 5.000. Untuk hewan-hewan yang saat ini sudah periksa diberi tanda kalung sehat.

Selain tu, pihaknya juga akan lebih fokus melakukan pemeriksaan kembali pada H-7 Idul Adha. Untuk saat ini sudah 1.000 hewan yang sudah diperiksa oleh Disnakeswan.

“Dari hasil pemeriksaan hewan kurban dan ditemukan hewan yang tidak layak kita tidak memberinya kalung sehat. Kelayakan hewan qurban dilihat dari segi umur, dan gejala menunjukan penyakit,” jelasnya.

Tak hanya itu, Disnakeswan juga melakukan pemeriksaan H-1 dan hari H di setiap tempat kurban. Ketika ada hewan kurban yang ditemukan tidak layak akan dikomunikasikan dengan DKM masjid dan penjualnya.

Saat ini, Disnakeswan menurunkan 66 petugas dan dibantu dari balai Veteriner Subang sebanyak 40 orang dan PDHI Cabang 8 Jabar.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Subang Imran telah melakukan pelepasan tim pemeriksa hewan kurban yang akan bertugas dalam rangka pembinaan dan pengawasan teknis kesehatan hewan qurban menjelang Idul Adha 1445 H/2024 M.

“Selamat bertugas kepada tim kurban yang baru saja telah dilepas. Saya berharap, dengan hadirnya pengawasan dan pembinaan dapat mengurangi munculnya aksiden dan insiden,” tuturnya.(cdp/ysp)

Berita Terkait