News

Jelang Hari Pelanggan Nasional, PLN UP3 Karawang Ajak Pelanggan Gunakan Swacam di Aplikasi PLN Mobile untuk Catat Meter Mandiri

PLN Karawang

KARAWANG – PLN terus berinovasi untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam mengelola penggunaan listrik mereka. Salah satu layanan unggulan yang kini semakin digemari adalah fitur Swacam (Swadaya Catat Meter) yang dapat diakses melalui aplikasi PLN Mobile. Melalui fitur ini, pelanggan pasca bayar dapat melakukan pencatatan meter mandiri setiap bulannya dari tanggal 23 hingga 27. 

Swacam merupakan solusi praktis bagi pelanggan yang ingin memastikan bahwa tagihan listrik mereka sesuai dengan pemakaian aktual. Dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile, pelanggan cukup memotret angka stand meter listrik di rumah mereka dan mengunggahnya melalui fitur Swacam. Proses ini tidak hanya mudah dan cepat, tetapi juga memberikan transparansi dan akurasi dalam pencatatan penggunaan listrik.

Cara melakukan catat meter mandiri menggunakan Fitur SWACAM di Aplikasi PLN Mobile adalah sebagai berikut : 
1. Buka aplikasi PLN Mobile
2. Pilih menu Catat Meter
3. Pilih mulai swacam & foto angka stand meter yang ada di kWh meter
4. Pilih ID Pelanggan
5. Masukan angka stand meter
6. Kirim 
Setelah melakukan langkah di atas, perkiraan tagihan rekening listrik juga akan muncul. Kemudian, tagihan listrik akan keluar pada awal bulan berikutnya. 

Manager PLN UP3 Karawang, Imam Ahmadi, menjelaskan, “Fitur Swacam di aplikasi PLN Mobile adalah langkah nyata PLN dalam memberikan kendali lebih kepada pelanggan atas pemakaian listrik mereka. Kami mendorong pelanggan untuk memanfaatkan fitur ini, karena selain memudahkan proses pencatatan meter, ini juga membantu dalam memastikan keakuratan tagihan listrik setiap bulannya.”

Lebih lanjut Imam menyampaikan bahwa sampai dengan saat ini di bulan Agustus sudah lebih 38 ribu pelanggan pasca bayar yang memanfaatkan fitur swacam di Aplikasi PLN Mobile. Masih ada waktu untuk pelanggan pasca bayar memanfaatkan pencatatan meter mandiri ini agar hasil pembacaan meter akurat sesuai pemakaian pelanggan. 

‘’Jadi bagi pelanggan yang belum menggunakan fitur Swacam di PLN Mobile silahkan gunakan sekarang. Aplikasi PLN Mobile dapat diunduh melalui App Store maupun Play Store sehingga pelayanan kelistrikan dapat lebih mudah diakses oleh seluruh pelanggan,’’ ujar Imam.

General Manager PLN UID Jawa Barat, Susiana Mutia, menambahkan, “Kami ingin memberikan pengalaman yang lebih nyaman dan modern bagi pelanggan PLN. Dengan fitur Swacam, kami tidak hanya memberikan kemudahan, tetapi juga memberdayakan pelanggan untuk ikut serta dalam proses pencatatan pemakaian listrik secara mandiri.”

PLN UP3 Karawang mengajak seluruh pelanggan untuk memanfaatkan fitur Swacam di aplikasi PLN Mobile setiap bulannya dari tanggal 23 hingga 27. Dengan melakukan pencatatan mandiri, pelanggan dapat memastikan bahwa tagihan listrik mereka akurat dan sesuai dengan pemakaian aktual. (rls/ddy)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua