News

Kemenhub Bebastugaskan Asri Damuna Buntut Video Viral Pejabat Kemenhub Ajak Youtuber Korea ke Hotel

Kemenhub Bebastugaskan Asri Damuna Buntut Video Viral Pejabat Kemenhub Ajak Youtuber Korea ke Hotel
Kemenhub membebastugaskan Asri Damuna usai video viral yang melibatkan pejabat tersebut. (Foto: tangkapan layar YouTube JIAH)

PASUNDAN EKSPRES - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membebastugaskan Asri Damuna, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Sangia Nibandera Kolaka, Sulawesi Tenggara usai video viral yang melibatkan pejabat tersebut.

Kemenhub mengambil langkah lebih lanjut usai video viral seorang pejabat bandara mengajak Youtuber Korea ke hotel yang diketahui merupakan Asri Damuna.

Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati yang membeberkan alasan pembebastugasan Asri Damuna oleh Kemenhub.

Menurut Adita, alasan pembebastugasan Asri Damuna ini agar memudahkan penyelidikan lebih lanjut usai video viral tersebut.

"Kementerian Perhubungan sangat menyesalkan viralnya video yang melibatkan Asri Damuna, Kepala Kantor UPBU Sangia Nibandera Kolaka. Yang bersangkutan telah dibebastugaskan guna memudahkan penyelidikan dan tindakan lebih lanjut," ucap Adita Irawati di Jakarta, dikutip dari Disway, Senin (13/5).

Atas hal tersebut, kata Adita, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah memerintahkan pihaknya agar kebenaran berita yang tengah viral itu segera diusut.

Adapun yang bersangkutan akan diberikan sanksi tegas jika terbukti bersalah.

"Jika terbukti benar, maka artinya yang bersangkutan tidak dapat menjaga marwah sebagai Aparatur Sipil Negara. Kemungkinan akan ada sanksi internal terkait hal tersebut," ujarnya.

Sebelumnya, sebuah video viral di media sosial yang memperlihatkan seorang pria bernama Albert yang tiba-tiba mengajak Youtuber Korea Selatan bernama Jiah untuk mampir ke hotel.

Hal itu diketahui dari vlog yang diunggah oleh Jiah dalam kanal YouTube JIAH pada 5 Mei lalu.

Dalam video tersebut, pria bernama Albert bersama temannya, Alex berkenalan dengan Jiah saat berada di sebuah restoran di Manado, Sulawesi Utara.

Kedua pria tersebut menanyakan soal rencana liburan yang dilakukan Jiah selama di Indonesia.

Salah satu pria berkepala botak yang duduk di samping Jiah tiba-tiba menawarkan ajakan ke hotel tempat dirinya menginap.

Jiah pun langsung menolak ajakan tersebut dengan beralasan akan melanjutkan perjalanannya ke Pulau Bunaken.

Usai video itu viral, netizen pun langsung mencari identitas pria berkepala plontos bernama Albert itu yang ternyata merupakan Asri Damuna yang diketahui bertugas di Kemenhub. (inm)

Berita Terkait