News

Awas! Nomor WhatsApp Palsu Kantor Imigrasi Marak di Google Maps

Nomor WhatsApp Palsu di Google Maps
Hati-hati marak nomor Whatsapp palsu kantor migrasi di Google Maps. (ilustrasi Freepik)

PasudanEkspres - Direktorat Jenderal Imigrasi memberikan peringatan kepada masyarakat terkait adanya nomor WhatsApp palsu yang mengatasnamakan kantor imigrasi di laman Google Maps. Nomor kontak tersebut diketahui digunakan untuk aksi penipuan.

"Dengan tegas diingatkan agar waspada! Nomor Kontak Palsu Semakin Marak di Laman Google Maps Kantor Imigrasi. Masyarakat diharapkan berhati-hati dengan nomor kontak WhatsApp palsu 081230030440 yang dicantumkan pada informasi alamat di laman Google Maps sejumlah Kantor Imigrasi," demikian pernyataan Ditjen Imigrasi yang dikutip dari detiknews.

Direktur Jenderal Imigrasi menyampaikan bahwa nomor yang mencurigakan tersebut ditemukan melalui aplikasi GetContact. Berdasarkan hasil penelusuran, nomor tersebut tidak valid, sehingga diduga kuat terkait dengan upaya penipuan.

"Fitur Google My Business, yang memungkinkan pengguna untuk mengedit informasi bisnis, disinyalir disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab," tulis akun resmi Ditjen Imigrasi.

Sekretaris Ditjen Imigrasi, Sandi Andaryadi, mengingatkan masyarakat untuk selalu melakukan pengecekan ulang jika hendak menghubungi kantor Imigrasi. Ia juga mengimbau agar tidak mudah percaya.

"Selalu pastikan kebenaran informasi, jangan mudah percaya. Hubungi kontak dan media sosial resmi, baik dari Direktorat Jenderal maupun kantor Imigrasi," ujar Sandi.

Ditjen Imigrasi juga mengingatkan masyarakat untuk senantiasa mengakses informasi resmi mengenai layanan Imigrasi dan biaya PNBP melalui kanal-kanal resmi Ditjen Imigrasi.

"Direktorat Jenderal Imigrasi segera mengambil langkah untuk mengirim surat kepada Google agar nomor tersebut dihapus. Selain itu, Ditjen Imigrasi juga akan meminta operator seluler untuk memblokir nomor tersebut," demikian disampaikan oleh Ditjen Imigrasi.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua