News

5 Februari Diperingati Hari Apa?

5 Februari Diperingati Hari Apa? sebagian dari kita mungkin tidak tahu apa saja sejarah yang terjadi di 5 februari. (Dok Kelularah Karang tengah)

PASUNDAN EKSPRES - 5 Februari Diperingati Hari Apa? sebagian dari kita mungkin tidak tahu apa saja sejarah yang terjadi di 5 februari. 

Untuk itu, kami akan memberikan berbagai sejarah yang terjadi di 5 Februari Diperingati Hari Apa? 

  • Cristiano Ronaldo Lahir 

Pemain Sepak Bola terkenal Cheristiano Ronaldo Doa Santos Aveiro lahir di Funchal, Madeira, Portugal. 5 Februari 2024. 

Saat ini Ronaldo menjadi pemain sepak bola Portugal, pemain yang sering di sapa CR7 ini mempunyai posisi sebagai sayap kanan dan kiri atau penyerang tengah. 

  • Adjie Masaid Meninggal 

Adjie Masaid merupakan salah atu aktor yang terkenal di Indonesia, selain menjadi artis Adjie juga pernah menduduki kursi anggota DPR-RI periode 2004-1009. 

BACA JUGA:Awasi Netralitas ASN Subang, Bawaslu Subang Ajak Masyarakat Ikut Mengawasi

BACA JUGA:228 Kebakaran Terjadi di Subang Selama 2023

Jika kita lihat ke belakang seorang Adjie Massaid ini merupakan orang yang ceria dan cerdas. Ia pupus di usianya yang meninjak 43 tahu tepatnya di tanggal 5 Februari 2011. 

  • Hut Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI)

Pada tahun ini Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) akan memperingati ulah tahunnya yang ke-77. 

Sebelum adanya HMI, ada salah satu organisasi kemahasisiwaan dengan anggota yang terdiri dari Sekolah Tinggi Teknik (STT), Sekolah Tinggi Islam (STI) dan Perguruan Tinggi Gajah Mada. 

Pada tahun 1946 politik indonesia khusunya di Yogyakarta sedang kacau balau, dengan situasi yang demikian para mahasiswa terus berupaya untuk mencegah situasi polarisasi politik yang terjadi pada saat itu. 

Melansir dari Wikipedia HMI diprakarsai oleh Lafran Pane, seorang mahasiswa tingkat I (semester I) Fakultas Hukum Sekolah Tinggi Islam (sekarang Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (FH-UII). 

BACA JUGA:Hendrik Remaja Asal Pabuaran Hanyut di Tanggul Cibanggala Telah Ditemukan

BACA JUGA:Albert dan Neng Farah Tandem Raup Suara Pemilih, Pastikan Naik 3 Kali Lipat dari Pemilu 2019

Ia mengadakan rapat bersama dengan temen-teman untuk membentuk suatu organisasi Islam. Pada tanggal 5 Februari Himpunan Mahasisiwa Islam (HMI) telah resmi dibuat. 

  • Apollo 14 Mendarat di Bulan 

Apollo 14 merupakan salah satu pesawat luar angkasa dari Amerika Serikan yang berhasil mendarat di bulan. 

Komandan Alan Shepard, Command Module Pilot Sturt Roosa dan Lunar Mudule Pilot Edgar diberangkatkan pada 31 Januari 1971 dan mendarat pada 5 Februari. 

  • Pemberontakan Kapal Tujuh Provinsi 

Pemberontakan tersebut terjadi di atas kapal laut HNLMSD De Zeven Provincien milik Angkatan Laut Kerajaan Belanda (Koninlijke Marine). 

Kejadian tersebut dikenal sebagai pemberontakan kapal 7 provinsi yang terjadi pada 5 Februari 1933. 

BACA JUGA:SDN Nyimplung Subang Komitmen Lestarikan Kesenian Sisingan

BACA JUGA:Presiden Jokowi Resmikan Terminal Leuwipanjang dan Terminal Banjar

Lantas penyebab dari pemberontakan tersebut apa? 

Pemberontakan tersebut terjadi karna keputusan menurunkan gaji pegawai pemerintah Hindia Belanda sebesar 17% yang telah diumumkan pada 1 Januari 1933. 

Pemberontakan yang terjadi di kapal Zeven Provincien tersebut diatasi dengan cara pengebomam kapal oleh pesawat udara belanda. 

Berita Terkait