News

Selamat Jalan Akira Toriyama, Pembuat Manga Dragon Ball

Selamat Jalan Akira Toriyama, Pembuat Manga Dragon Ball
Selamat Jalan Akira Toriyama, Pembuat Manga Dragon Ball

PASUNDAN EKSPRES - Akira Toriyama, seniman asal Jepang pembuat manga Dragon Ball dikabarkan meninggal dunia pada 1 Maret 2024 di usia 68 tahun.

Akira Toriyama adalah seorang seniman Manga Jepang yang membuat franchise Dragon Ball pada tahun 1980-an dan mendorong pertumbuhannya menjadi fenomena global.

Kematian Toriyama dikonfirmasi oleh situs resmi “Dragon Ball”, yang memposting pernyataan untuk menghormati penciptanya pada Kamis malam.

“Kami sangat menyayangkan dia masih memiliki beberapa karya di tengah penciptaan dengan penuh semangat. Selain itu, masih banyak hal lain yang ingin ia capai,” bunyi pernyataan dari Bird Studio, yang menyertakan penafian bahwa itu telah diterjemahkan oleh mesin. “Dia telah mewariskan banyak judul manga dan karya seni kepada dunia ini. Berkat dukungan banyak orang di seluruh dunia, ia mampu melanjutkan aktivitas kreatifnya selama lebih dari 45 tahun. Kami berharap dunia ciptaan Akira Toriyama yang unik terus dicintai semua orang dalam jangka waktu yang lama.”

Upacara pemakaman pribadi  Akira Toriyama telah diadakan untuk keluarga Toriyama.  Diketahui, Akira Toriyama meninggalkan istrinya, Yoshimi Katō, dan kedua anak mereka.

Sementara itu, Dragon Ball adalah sebuah manga dan anime karya Akira Toriyama dari tahun 1984 sampai 1995. 

Albumnya terdiri dari 42 buku dan di Indonesia diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Sebelumnya Dragon Ball juga pernah diterbitkan oleh Rajawali Grafiti.

(nym)

Berita Terkait