News

Jusuf Kalla Yakin Cak Imin Mampu Tampil Bagus Jelang Debat Cawapres

Jusuf Kalla Yakin Cak Imin Mampu Tampil Bagus Jelang Debat Cawapres
Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla yakin Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mampu tampil bagus jelang debat cawapres mendatang. (Dok Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla yakin calon wakil presiden (cawapres) nomor 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mampu tampil bagus jelang debat cawapres mendatang.

Jusuf Kalla mengatakan bahwa cawapres nomor 1 itu tidak perlu diajarkan dan yakin menguasai banyak hal sehingga tidak perlu diragukan kemampuannya.

"Cak Imin cukup banyak menguasai hal, tidak perlu kita berikan masukan. Biar dia belajar, dia kan bekas Wakil Ketua DPR, bekas menteri. Masa mau diajarin lagi," ujar Jusuf Kalla ketika menjamu Anies Baswedan di Makassar pada Selasa malam (16/1).

Pria yang akrab disapa JK itu menyebut Cak Imin mampu mengikuti dinamika debat keempat yang akan datang.

"Iya, saya yakin lah" ucapnya.

Pada momen ini, JK menganalogikan apabila mengendarai kendaraan dengan sopir yang berpengalaman baik, memiliki ilmu pengetahuan serta mengetahui rute jalan, tentu penumpangnya akan selamat sampai tujuan.

"Saya selalu (umpamakan) seperti sopir bus, kalau sopirnya baik, tahu peraturan, tahu jalan, sehat, kita akan baik menuju yang baik. Jadi, itu yang kita harapkan," ucap JK.

Diketahui, debat Pilpres 2024 memasuki debat keempat yang melibatkan tiga calon wakil presiden (cawapres) yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD yang dilaksanakan pada Minggu, 21 Januari 2024.

Dalam debat cawapres pertama pada 22 Desember lalu, publik menilai performa Cak Imin kurang siap dan kurang menguasai tema debat.

Cawapres nomor urut 1 itu dinilai banyak melakukan gimmick dibandingkan dengan Gibran dan Mahfud MD yang cukup menguasai acara debat.

Debat cawapres mendatang akan membahas tentang "Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa". (inm)

Berita Terkait